Baznas Bondowoso Target Rp 2,5 Miliar, Bupati Salwa Siap Keluarkan Surat Edaran untuk ASN

Santunan anak yatim dan dhuafa di GOR Pelita Bondowoso/RMOLJatim
Santunan anak yatim dan dhuafa di GOR Pelita Bondowoso/RMOLJatim

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bondowoso memiliki target besar untuk mengumpulkan zakat hingga Rp 2,5 milliar tahun depan.


Target capaian tersebut disampaikan oleh Baznas Provinsi Jawa Timur, sebagaimana diterangkan oleh pengurus Baznas Bondowoso, 

Disebutkan bahwa, pihaknya optimis bisa mencapai target tersebut, lebih-lebih saat ini sendiri Bupati Salwa Arifin telah menerbitkan surat edaran atau instruksi agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bondowoso berzakat ke Baznas. 

"InsyaAllah, tahun akan datang bisa mencapai target," ujar Bupati Salwa Arifin, Rabu (12/4).

Hal tersebut disampaikan Bupati Salwa dalam acara Gebyar Ramadan dan santunan bagi 1.000 anak yatim, 500 paket sembako, dan 115 beasiswa di GOR Pelita Bondowoso.

Ditambahkan oleh Abdul Qadir, Waka 3 Baznas, mengatakan, bahwa cakupan potensi zakat dari ASN belum masuk 100 persen. Bahkan, dari total 8.000-an ASN yang masuk di data baru 400-an saja.

Rendahnya, cakupan dari ASN ini diperkirakan karena belum maksimalnya sosialisasi. 

"Surat edaran kan baru keluar, kita menunggu nanti setelah lebaran," katanya. 

Sementara itu, Bupati Salwa Arifin menyebutkan, bahwa surat edaran itu memang dibuat juga dalam rangka membantu Baznas mengumpulkan zakat lebih banyak lagi. 

Kendati, hanya himbauan. Namun, pihaknya berharap ASN di lingkungan Pemkab Bondowoso benar-benar bisa membayarkan zakatnya ke Baznas.

"Karena yang paling mudah kumpulnya zakat, ya ASN ini," jelasnya. 

Di lain sisi, ia meminta, Baznas Bondowoso untuk melakukan pendekatan yang baik pada tokoh-tokoh masyarakat, dan para pengusaha, yang juga dinilai bisa menjadi potensi muzakki. 

Selain itu, juga menyentuh banyak bidang lainnya yang bisa menjadi muzakki. Seperti di antaranya bidang pertanian, perdagangan, dan lainnya. 

"Kami harapkan bisa ditingkatkan cakupan zakatnya. Terutama para muzakki," pungkasnya.