Cabang Gulat Siapkan Bonus bagi Atlet Peraih Emas di Sea Games 2023 Kamboja

Para atlet gulat dalam latihan mempersiapkan jelang try out di Korea/Ist
Para atlet gulat dalam latihan mempersiapkan jelang try out di Korea/Ist

Latihan sekaligus Try Out Tim Pelatnas gulat jelang persiapan Sea Games 2023 di Kamboja ini dipersiapkan dengan matang, terdiri dari 14 atlet (9 putra dan 5 putri) akan melakukan try out ke Korea Selatan selama 20 hari.


Hal ini dilakukan guna persiapan menghadapi ajang SEA Games di Kamboja Mei mendatang.

Demikian ditegaskan Sekjen PB PGSI Gusti Randa kepada awak media di sela sela peninjauan latihan atletnya di GOR, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat Sore (14/4/2023). 

Menurutnya atlet gulat akan melakukan latih tanding selama 20 hari di sana. " Persiapan kali ini beda saat menghadapi ajang Asian Games 2018 lalu. Saat itu kita try out ke Bulgaria. Kita kepinginnya nuansa baru. Artinya belajar teknik gulat yang ada di Korea. Sebab tidak beda jauh teknik dan aliran gulat di Korea dan  yang ada di belahan Asia Tenggara," kata Gusti kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Diakui Gusti saat ini memang atlet sudah melakukan pelatnas selama tiga bulan. Dengan latihan fisik dan teknik serta powernya. Namun itu belum cukup katanya. 

"Yang kita butuhkan saat ini adalah daya ledaknya. Sehingga atlet kita sanggup mengalahkan lawan dengan mudah. Kalau atlet hanya mampu meningkatkan fisik dan teknik, buat apa kita jauh jauh latihan ke luar negeri. Justru kita butuhkan daya ledak yang dahsyat," ujarnya.

Menurut Gusti ini adalah program pelatih yang menangani, jadi pengurus PB PGSI tinggal menyetujuinya.

Disinggung soal target medali di SEA Games nanti, ia mengatakan berusaha meraih 2 emas dan 3 perak. Ini target realistis.

"Kali ini memang main ditempat netral. Vietnam memang masih menjadi pesaing utama kita. Tuan rumah juga patut kita waspadai pasalnya ada dua pegulat naturalisasi mereka," tambah pria yang lama menjadi pengurus PSSI itu. 

Sementara untuk memotivasi para atlet, Gusti menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan bagi atlet yang dapat meraih Emas, Perak dan Perunggu 

Demi tugas negara mau, tidak mau para atlet gulat harus rela merayakan Idul Fitri di luar negeri. Diakui pelatih gulat yang membawa atletnya ke Korea, Suryadi Gunawan bahwa program yang dirancang memang sudah disetujui PB PGSI, sehingga para atlet dengan lapang dada dan ikhlas menjalaninya. 

"Program ini bagian dari persiapan kita guna meraih target 2 emas dan 3 perak. Jadi kita perlu persiapan yang matang," kata Suryadi.

Masih menurut legenda Gulat Indonesia ini, bahwa potensi meraih target itu sangat terbuka lebar. "Ini terbukti ibadah puasa juga mereka kita latih dengan keras, termasuk fisik dan teknik," pungkasnya.