Dorong Peningkatan FDI, SIER Ikuti Pameran Industri Terbesar di Dunia di Jerman

SIER di pameran industri terbesar di Jerman
SIER di pameran industri terbesar di Jerman

Setelah melalui seleksi dari Kementerian Perindustrian RI, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) akhirnya terpilih mengikuti pameran industri terbesar di dunia Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. Pameran ini rencananya akan digelar pada 17-21 April 2023.


Direktur Utama (Dirut) PT SIER, Didik Prasetiyono menuturkan, Hannover Messe merupakan salah satu pameran industri terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun di Hannover, Jerman. Pameran ini menampilkan berbagai teknologi dan inovasi terbaru dari berbagai sektor industri, termasuk otomotif, energi, logistik, dan teknologi informasi.

"Kesempatan untuk menampilkan kawasan industri Indonesia di pameran yang menjadi magnet investor kelas dunia, mengundang mereka masuk untuk menaikkan foreign direct investment (FDI) yang akan memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam skala yang lebih luas," ujar Didik, saat dikonfirmasi, Rabu (12/4/2023).

Didik menegaskan, SIER akan memanfaatkan semaksimal mungkin pameran ini untuk penetrasi pasar Eropa dan dunia. Dengan mengikuti pameran ini, kawasan industri SIER diharapkan akan lebih dikenal di dunia internasional.

Dalam pameran industri yang rencananya akan dihadiri langsung Presiden RI Joko Widodo ini, SIER akan menampilkan pengelolaan kawasan industri dengan lokasi strategis, dekat dengan sumber bahan baku dan potensi pasar yang luas. 

Selain itu, lanjut Didik, SIER juga memamerkan rencana besar yang akan melakukan ekspansi kawasan industri di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur yang memiliki lokasi sangat strategis.

"Kami ingin menawarkan kawasan industri terintegrasi dengan pengolahan limbah termasuk  kemudahan akses energi terbarukan diantaranya energi matahari lewat solar panel voltage yang menjadi isu sangat menarik bagi investor eropa. Lokasi kawasan industri kami saat ini ada di SIER Surabaya dan di PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) Pasuruan. Kedepan pengembangan akan kami lakukan di Kabupaten Ngawi, potensinya sangat besar," ungkap Didik.

Lebih jauh Didik menjelaskan, Indonesia telah berpartisipasi dalam Hannover Messe sejak 2015 lalu. Pada Hannover Messe 2023 ini, Indonesia kembali akan menjadi negara mitra untuk pameran tersebut. Kehadiran Indonesia dalam Hannover Messe 2023 akan memperlihatkan peran penting Indonesia sebagai salah satu pemain utama di sektor industri di Asia Tenggara.

Dengan kehadiran Indonesia dalam Hannover Messe 2023, kata Didik, diharapkan dapat membuka peluang kerjasama dan investasi dengan negara-negara lain, serta memperkenalkan produk-produk dan teknologi yang berkualitas dari Indonesia kepada pasar internasional.

"Kehadiran Indonesia dalam Hannover Messe 2023 juga akan memberikan kesempatan untuk memperlihatkan potensi investasi dan sektor-sektor industri yang sedang berkembang di Indonesia. Seperti energi terbarukan, manufaktur, dan logistik termasuk dari SIER," ungkap Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia Wilayah Jawa Timur ini.

Melalui pameran ini, lanjutnya, Indonesia dapat memperkenalkan produk-produk unggulan dan teknologi yang inovatif dari industri-industri tersebut kepada para pengunjung dan investor dari seluruh dunia.

"Secara umum Indonesia akan memperlihatkan berbagai produk-produk dan teknologi yang berkualitas dan inovatif, serta berbagai program dan inisiatif yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung pengembangan sektor industri di Indonesia, kami berterima kasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementrian Perindustrian yang mendorong keterlibatan berbagai industri untuk tampil di level internasional" pungkasnya.