100 Persen TKD Pemdes Sidomulyo Kecamatan Silo Jember Digunakan Untuk Membantu Anak Yatim

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ratusan anak yatim Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember, bebas memilih baju baru secara gratis, untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M. Sebab, mereka diajak Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomulyo untuk berbelanja baju gratis, di Roxy mall Jember, yang diambilkan dari Tanah Kas Desa (TKD) Sidomulyo.


"Ini sudah tahun kedua kita melaksanakan belanja baju THR lebaran untuk anak yatim hari ini. Kita membawa 112 anak menggunakan 3 unit bus pariwisata ini," ucap Kepala Desa Sidomulyo, Kamiludin, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (15/4) siang.

 "Uang ini adalah hasil dari sewa tanah anah kas Desa kami yaitu seluas 10 hektar, laku dengan harga Rp. 212.500.000, dana itu 100 persen untuk kepentingan anak yatim piatu di desanya," sambungnya.

Dijelaskan Kamil, mereka yang terdiri anak yatim piatu, di sini bebas memilih bebas memilih baju yang dikehendaki. Dengan belanja baju, untuk masing-masing anak yatim sebesar Rp. 500.000. 

Menurut dia, belanja gratis untuk anak yatim adalah program kerjanya, yang diambilkan dari TKD. Karena dana sewa TKD dialokasikan untuk 3 program Desa.

"Dana TKD tersebut dialokasikan untuk tabungan pendidikan, ada yang dialokasikan untuk THR dan ada yang dialokasikan untuk kegiatan usaha produktif," terangnya. 

 Dia juga menjelaskan  bahwa alokasi untuk kegiatan usaha produktif untuk kepentingan anak yatim ini, sudah diwujudkan dalam bentuk koperasi. Jadi sudah punya koperasi sendiri, yang 100% kepemilikan sahamnya, milik anak yatim. 

"Program ini sengaja dilakukan, karena  saya pribadi adalah mantan atau alumni anak yatim, sehingga harapan saya mereka nggak melas-melas lagi," katanya .

Karena itu lanjut dia, ketika menjelang hari raya, anak yatim, yang awalnya tidak pernah ke swalayan, diajak berbelanja baju yang dikehendaki. 

"Kita senangkan mereka, bagi kami anak yatim piatu adalah wasilah untuk percepatan kemajuan desa. Dengan doa mereka, Desa kami akan semakin cepat," harap dia.

Sedangkan untuk katagori penerima dari dana TKD, adalah anak yatim berdasarkan kelompok umur. Untuk  penerima program THR di hari lebaran berusia 0 tahun sampai 15 tahun. Untuk tabungan pendidikan dari usia PAUD Sampai usia SMA. Sedangkan untuk kegiatan usaha produktif, diberikan kepada semua kelompok umur. 

"Jumlah anak yatim, di desanya sebanyak 112 orang, seluruhnya menerima, tanpa kecuali. 

Sedangkan, Karyani salah seorang anak yatim mengaku senang mendapatkan bantuan THR dari Kades. Setelah orang tuanya meninggal, ia tinggal bersama bibinya. 

"Saya diajak kades, untuk beli baju baru. Bisa pilih 4 baju, terima kasih pak kades, katanya.