Finalisasi SEA Games 2023, Kemenpora Belum Bisa Janjikan Bonus Atlet

Kemenpora, KONI, KOI dan Tim Review saat rapat koordinasi pembahasan finalisasi kontingen SEA Games Kamboja di Kemenpora, Jakarta/RMOLJatim
Kemenpora, KONI, KOI dan Tim Review saat rapat koordinasi pembahasan finalisasi kontingen SEA Games Kamboja di Kemenpora, Jakarta/RMOLJatim

Finalisasi SEA Games 2023 Indonesia akan mengirimkan 599 atlet yang terdiri dari 31 cabang olahraga (cabor) untuk SEA Games 2023 Kamboja.


Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, seusai menggelar rapat koordinasi pembahasan finalisasi kontingen SEA Games Kamboja, Senin sore (17/4) di Media Center Kantor Kemenpora, Jakarta.

Dari total 599 atlet yang diberangkatkan itu terdiri dari 379 atlet putra dan 200 atlet putri saja dan itu belum dengan para pelatih dan official. 

"Secara singkat saya jelaskan, pada SEA Games untuk cabor sebanyak 31dan atlet akan kirim sebanyak 599 atlet," ucap Dito dalam konferensi pers dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Selain itu pihaknya juga akan mengumumkan secara resmi terkait kontingen Indonesia menuju SEA Games. Termasuk mengunjungi beberapa cabor atau road show ke cabor yang belum kita kunjungi.

"Alhamdulillah ini mungkin tepat 2 minggu saya duduk sebagai Menpora. Kita sudah finalisasi yang sudah disepakati dari NOC, KONI dan tim review," imbuhnya. 

Meski demikian, saat ditanya soal bonus atlet peraih emas, perak dan perunggu, Dito belum bisa memberi kepastian sampai saat ini.

Seperti diketahui, jumlah atlet yang dikirimkan ke SEA Games 2023 ini mengalami peningkatan dibandingkan SEA Games 2021 Hanoi.

"Memang ada kenaikan hampir 100 atlet, ketimbang sebelumnya (SEA Games 2021)," tutur Dito.

Pada SEA Games 2021, Indonesia mengakhiri posisi di urutan ketiga dengan perolehan 69 medali emas, 91 perak, dan 81 perunggu.