Bupati Sidoarjo Pastikan Proyek Betonisasi Ruas PG Krembung-Ngoro Digarap Juli 2023

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat sidak di ruas jalan PG Krembung-Ngoro/RMOLJatim
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor saat sidak di ruas jalan PG Krembung-Ngoro/RMOLJatim

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor atau Gus Muhdlor memastikan proyek betonisasi di ruas jalan PG Krembung-Ngoro dan Porong Krembung bakal mulai digarap pada Juli 2023. 


Kepastian pengerjaan proyek betonisasi di jalan Sidoarjo selatan itu disampaikan Bupati Gus Muhdlor saat meninjau sejumlah ruas jalan di PG Krembung-Ngoro, Kamis (4/5).

Selama ini di sejumlah titik jalan mengalami rusak dan bergelombang, kerusakan ini disebabkan banyak kendaraan yang melebihi tonase yang melintas di jalur alternatif Mojokerto ke Sidoarjo atau sebaliknya.

"Ruas jalan Krembung Porong sebagai jalan alternatif menuju Mojokerto ini seringkali rusak. Sehingga butuh dilakukan betonisasi," kata Gus Muhdlor dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Dia menyampaikan telah menyiapkan anggaran Rp 11,5 Miliar yang bersumber dari APBD Sidoarjo tahun 2023 untuk melakukan betonisasi jalan sepanjang 2,2 km di PG Krembung-Ngoro. 

"Proyek itu sekarang sudah dalam proses lelang, selanjutnya bisa segera running (pelaksanaan betonisasi) paling lambat Juli," ungkapnya. 

Putra KH Agoes Ali Masyhuri itu menyampaikan, akan ada tiga proyek betonisasi di Kecamatan Porong dan Krembung. Selain di jalan PG Krembung, betonisasi juga akan dilakukan di jalan Porong-Krembung dan jalan di depan Kantor Kecamatan Krembung menuju Desa Mojoruntut. 

"Untuk betonisasi di ruas jalan Porong-Krembung memakai anggaran APBN berdasarkan pengajuan atau usulan dari Pemkab Sidoarjo melalui Inpres, nilanya Rp.119 M. Panjang ruas jalan yang dibeton 6,4 km," ujarnya. 

Gus Muhdlor menyampaikan percepatan peningkatan infrastruktur jalan tersebut merupakan kolaborasi antara Pemkab Sidoarjo dengan pemerintah pusat. Lewat Inpres tersebut untuk menyelesaikan ruas jalan Porong sampai Krembung.

"Betonisasi dari Krembung dulu, dari Desa Cangkring yang telah dilakukan betonisasi dan berlanjut sampai Desa Rejeni atau Desa Jenggot,"sampainya. 

Bupati muda alumni SMAN 4 Sidoarjo itu menjelaskan, nantinya arus kendaraan yang biasanya melewati jalan PG Krembung akan dialihkan ke jalan raya Porong menuju Japanan. 

Dirinya sudah mendapatkan ijin dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional/BBPJN dan Dirlantas Polda untuk membuka pertigaan Japanan sebagai akses masuk kendaraan yang akan menuju Ngoro. Rencananya tanggal 22 Mei besok pertigaan Japanan tersebut akan dibuka kembali. 

Dalam sidak tersebut Bupati Sidoarjo didampingi Kepala Dinas PU Bina Marga dan SDA Sidoarjo Dwi Eko Saptono serta Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo Benny Airlangga.