WHO Nyatakan Darurat Covid-19 Berakhir, Tetapi Kasus di Asia Tenggara Meningkat

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net

Setelah tiga tahun berlalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyatakan bahwa darurat kesehatan global Covid-19 berakhir sejak Jumat (5/5).


Pengumuman yang disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus muncul setelah pandemi menewaskan hampir tujuh juta orang, menghancurkan ekonomi, dan memicu penguncian nasional .

“Dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” kata Tedros, seperti dikutip dari AFP.

"Kemarin, Komite Darurat bertemu untuk ke-15 kalinya dan merekomendasikan kepada saya agar saya menyatakan berakhirnya darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. Saya telah menerima saran itu," katanya.

Namun, kata Tedros, itu tidak berarti Covid-19 berakhir sebagai ancaman kesehatan global.

Kepala WHO kemudian mengatakan dirinya tidak akan ragu untuk mengumpulkan kembali para ahli untuk menilai kembali situasi seandainya Covid-19 kembali menempatkan dunia dalam bahaya.

Pejabat badan kesehatan mengatakan bahwa meskipun fase darurat telah berakhir, pandemi belum berakhir, menyusul lonjakan kasus baru-baru ini di Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Pengumuman tersebut hanya bersifat simbolis, sebab sebagian besar negara di dunia telah mengakhiri pembatasan Covid serta keadaan darurat mereka.

Pertama kali terdeteksi di Wuhan, China, WHO menyatakan Covid-19 sebagai krisis internasional pada 30 Januari 2020.

Pada 11 Maret 2020, WHO kemudian menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global.

Virus ini dengan cepat menyebar ke seluruh dunia, menginfeksi sekitar 764 juta orang, meskipun jumlah itu mungkin sangat sedikit. Menanggapi penyebaran penyakit ini, negara-negara di seluruh dunia memberlakukan penguncian yang ketat, mengamanatkan penggunaan masker wajah dan jarak sosial.

Perjalanan udara internasional juga dibatasi atau ditangguhkan di beberapa tempat, dan pengujian virus yang sering dilakukan menjadi rutin, bahkan untuk pertemuan keluarga.

Bisnis ditutup dan pekerja kantoran diminta untuk bekerja dari rumah.

Penguncian memiliki dampak yang mendalam pada ekonomi yang sudah berjuang dan mendorong jutaan orang lebih dalam ke dalam kemiskinan.

Meskipun strain aslinya sangat mematikan, ketika penyakit mulai bermutasi, penyakit itu menjadi semakin ganas. Varian Delta, misalnya, diperkirakan dua kali lebih mudah menyebar dibandingkan bentuk asli virus corona.

Varian Arcturus, yang baru-baru ini menyebabkan lonjakan kasus di negara-negara termasuk India, juga jauh lebih mudah menular.

Keputusan untuk menurunkan status penyakit, bagaimanapun, datang di tengah tingkat kekebalan yang tinggi terhadap Covid karena vaksinasi, infeksi, atau keduanya.

Vaksin Covid-19 mulai dirilis pada Desember 2020, kurang dari setahun setelah virus terdeteksi, dalam kemenangan besar bagi sains. Tetapi negara-negara kaya dengan cepat dituduh menimbun vaksin.

Sementara negara-negara kaya membagikan dosis vaksin kedua dan ketiga mereka, orang-orang di negara-negara miskin bahkan belum menerima yang pertama.

Namun demikian, beberapa negara terkaya, termasuk AS, adalah negara yang paling banyak menderita kematian.

Lebih dari satu juta orang meninggal akibat Covid di AS, lebih banyak dari tempat lain di dunia, diikuti oleh Jepang dan Jerman, menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins.