Pemkot Malang Gelar Kirab Tumpeng di Malang Creativa #2

  Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji saat memotong tumpeng /RMOLJatim
Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji saat memotong tumpeng /RMOLJatim

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menggelar kirab tumpeng di Malang Creative Festival ( Malang Creativa #2). Kegiatan itu nampak sukses dan meriah, ribuan peserta yang tergabung dengan membawa tumpeng telah memadati jalan dari kawasan Kayutangan Heritage, hingga berakhir di depan Balai Kota Malang. Sabtu (13/05)


Seluruh masyarakat Kota Malang yang turut menyaksikan kirab tumpeng tersebut, juga nampak menikmati suguhan dari Pemkot Malang. 

Wali Kota Malang, Drs.H. Sutiaji mengatakan, kegiatan tersebut ditujukan untuk memperingati HUT ke-109 Kota Malang dan dipersembahkan untuk masyarakat. 

"Jadi, kirab tumpeng di kegiatan Malang Creativa ini sebenarnya kegiatan yang tertunda, yaitu untuk memperingati HUT ke 109 Kota Malang yang jatuh pada Bulan April kemarin. Selain itu, kegiatan ini adalah mengajak bersama-sama seluruh masyakarat Bumi Arema membaur dengan para pejabat. Sesungguhnya ini menunjukkan bahwa Kota Malang milik kita semua, bukan milik pejabat," ungkap H. Sutiaji selaku orang nomer satu di Kota Malang itu. 

Kemudian pria yang khas mengenakan kacamata tersebut juga menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya digelar di Kota Malang dan perencanaanya turut melibatkan para budayawan. 

"Tadi sudah disampaikan untuk filosofinya.  Dengan mengajak budayawan, jangan sampai nanti ada hal menurut kacamata budayawan tidak benar. Maka settingan ini, sudah mendapat rekomendasi atau saran dari budayawan, termasuk tumpeng yang dibawa oleh peserta dan langsung dibagikan ke masyarakat," jelas H. Sutiaji. 

"Alhamdulillah, antusias masyarakat sungguh luar biasa. Ini kan baru pertama, maka kami minta siapapun nantinya yang akan menjadi kepala daerah, hal ini dijadikan tradisi. Kami merasa bersyukur atas kenikmatan Tuhan. Kita ditambahkan usia Kota Malang ke-109," imbuhnya. 

Masih kata H. Sutiaji, di kegiatan kirab tumpeng  yang digelar pertama kalinya ini pihaknya membutuhkan koreksi dan saran. 

"Kami mohon kepada teman-teman media memberikan saran kepada kami, melalui informasi dari bapak dan ibu atau saudara sekalian warga Bumi Arema. Baik yang berada di Kota Malang, atau yang berada di seantero Indonesia, bahkan yang berada di seluruh dunia," tandasnya. 

Tak hanya itu, H. Sutiaji juga menegaskan, dengan adanya kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mendorong wisatawan bisa hadir di Kota Malang. 

"Kota Malang dikenal dengan pariwisatanya.  Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mendorong wisatawan berbondong-bondong hadir di Bumi Arema ini. Kegiatan ini pun rangkaiannya panjang. Nanti malam ada festival lampion, selanjutnya ada senam sehat bersama-sama dan lain-lain. Tema HUT ke-109 adalah Mandiri, Tangguh dan Berkelanjutan," terangnya.[adv]