Prabowo Tertarik Kembangkan Bank Pangan untuk Bantu Orang Tak Mampu

Prabowo (kemeja putih) saat menghadiri acara silaturahmi BKPRMI dan Yayasan Prabowo Subianto di Selasar Masjid Istiqlal, Kamis (18/5)/RMOL
Prabowo (kemeja putih) saat menghadiri acara silaturahmi BKPRMI dan Yayasan Prabowo Subianto di Selasar Masjid Istiqlal, Kamis (18/5)/RMOL

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tertarik mengembangkan bank pangan (food bank) di Indonesia. Ide tersebut terinspirasi dari Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI).


Hal ini diungkapkan Prabowo saat menghadiri acara silaturahmi yang digagas Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Yayasan Prabowo Subianto di Selasar Masjid Istiqlal, Kamis (18/5).

"Daripada makanan-makanan banyak yang katakanlah kelebihan, ada yang mungkin ke buang atau apa, daripada begitu (lebih baik) dikumpulin di satu tempat yang disebut bank makanan (food bank) yang bisa disalurkan ke orang-orang yang lebih perlu,” kata Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu berencana akan membangun setidaknya satu bank makanan dalam waktu dekat. Meski begitu, Prabowo belum menyebutkan secara detail rencananya tersebut.

“Saya panggil staf saya, dan segera kami buka satu, kami mulai dengan satu (food bank), dan tidak usah besar-besar. Kami mulai ini, kami lihat, dan mudah-mudahan berkembang,” jelas Prabowo.

Secara umum food bank adalah tempat di mana makanan ditawarkan kepada badan-badan nirlaba untuk dibagikan kepada orang tidak mampu secara cuma-cuma.

Ribuan bank makanan di dunia menggunakan beberapa macam model yang berbeda. Yang populer adalah dengan syarat kerja sukarela.