LSI Denny JA: Indeks Cawapres Tertinggi Ada Pada Sosok Airlangga Hartarto

Berdasarkan hasil survei LSI Denny JA terungkap bahwa Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, adalah kandidat calon wakil presiden (cawapres) 2024.


"Indeks cawapres tertinggi Airlangga Hartarto," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam survei bertema 'Capres Pertama yang Lolos Putaran Kedua dan Empat Isu Lainnya', Jumat (19/5).

Menurut Adjie, LSI Denny JA menggunakan lima variabel penentu pilihan cawapres, yakni berdasarkan tambahan elektabilitas, status ketua umum sebagai tiket cawapres, tokoh dari ormas besar, pengalaman pemerintahan, dan jaringan sumber dana.

Adjie menjelaskan, dari kelima variabel indeks tersebut, Airlangga urutan pertama yang memenuhi tiga variabel, yakni sebagai ketum partai, pengalaman di pemerintahan, dan jaringan sumber dana.

"Ada pun cawapres peringkat kedua ditempati lima tokoh, yakni Sandiaga Uno, Mahfud MD, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Muhaimin Iskandar. Kelimanya sama-sama memenuhi dua dari lima variabel," kata Adjie.

Selanjutnya, indeks cawapres peringkat ketiga ditempati Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Said Aqil Siradj yang sama-sama hanya memenuhi satu dari lima variabel.

Survei ini dilakukan LSI Denny JA pada 3 sampai 14 Mei 2023. Jumlah sampel yang diambil ada 1.200 responden melalui metodologi multistage random sampling. Ada pun tingkat kesalahan atau margin of error survei ini sekitar 2,9%.