Eri Cahyadi Hadiri Peresmian Posko Pemenangan Ganjar Presiden di Gayungan

Peresmian posko Ganjar di Surabaya
Peresmian posko Ganjar di Surabaya

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menghadiri peresmian Posko Gotong Royong Pemenangan Ganjar Pranowo Presiden di Kecamatan Gayungan, Minggu (21/5/2023) malam. Peresmian posko ini ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Adi Sutarwijono.


Posko Pemenangan Ganjar Presiden di Kecamatan Gayungan ini berdiri di rumah salah satu Kader Banteng, Aprizaldi, yang juga calon legislatif DPRD Surabaya Dapil 4. Tepatnya berada di Jalan Menanggal 3 Gang Jeruk Nomor 4, Kota Surabaya. 

Dalam kesempatan itu, dihadapan ratusan kader PDI Perjuangan Kecamatan Gayungan yang hadir, Eri Cahyadi menegaskan, jika sudah berani mendirikan posko, itu berarti sudah berani menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyat. 

"Setelah berdirinya posko ini, jangan sampai ada bayi yang stunting. Jangan sampai ada anak yang putus sekolah. Jangan sampai ada kemiskinan. Kalau sudah berani mendirikan posko, berarti harus berani menyelesaikan masalah warga. Jangan pakai baju merah, jika tidak berani," tegas Eri, yang langsung disambut tepuk tangan meriah para kader PDI Perjuangan.

Eri meminta kepada seluruh kader PDI Perjuangan, untuk selalu turun mendampingi warga yang sedang mengalami kesulitan. Jangan hanya turun saat akan maju sebagai caleg atau saat menjelang pemilu dan pilkada saja. 

"Kader PDI Perjuangan di Gayungan apakah sudah mendampingi warga?. Kalau darah kita merah, kalau sudah dikatakan sebagai Kader Banteng, maka harus turun memberikan kebahagian untuk warga Surabaya. Itu yang selalu diajarkan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri," ungkapnya.

Eri juga berharap, posko yang didirikan nanti bisa menjadi posko yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur. Posko yang bisa menciptakan dan menghadirkan kebahagiaan bagi warga Surabaya, khususnya warga Gayungan.

"Manusia yang baik adalah manusia yang bisa bermanfaat untuk manusia lainnya. Posko ini akan menjadi tempat warga berkeluh kesah. Di posko ini juga jadi tempat menyelesaikan masalah. Apalah artinya sebuah posko jika tidak bisa menyelesaikan masalah," tandasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya yang juga Ketua DPRD Surabaya, Adi Sutarwijono mengatakan, dari semua Posko Gotong Royong Pemangan Ganjar Presiden, posko yang didirikan PAC PDI Perjuangan Kecamatan Gayungan ini terasa lebih istimewa. Sebab peresmiannya dihadiri langsung orang nomor satu di Kota Surabaya yakni Eri Cahyadi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Aprizaldi, yang telah mengikhlaskan tempatnya untuk dijadikan Posko Pemangan Ganjar Presiden. Pada 11 Mei 2023 lalu, saya mendaftarkan Mas Aprizaldi ini sebagai salah satu caleg DPRD Surabaya Dapil 4. Semoga beliau lolos. Sebab sudah sejak lama Kecamatan Gayungan ini tidak memiliki wakil rakyat dari PDI Perjuangan," ungkapnya.

Adi mengatakan, setelah Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai presiden yang diusung PDI Perjuangan, ada pesan khusus yang harus dilaksanakan seluruh kader.

Apa tugas itu?. Pertama; seluruh kader dimanapun berada untuk segera, segera dan segera turun ke masyarakat. Menyapa warga, mendengarkan keluh kesah sekaligus mengabarkan jika Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PDI Perjuangan pada Pemilu 2024.

Kedua; seluruh rumah pengurus PDI Perjuangan, kader dan simpatisan diminta untuk memasang bendera PDI Perjuangan. Ketiga; membuka posko gotong royong untuk tempat koordinasi.

"Khusus pendirian posko ini, harus berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk. Sebab PDI Perjuangan adalah partai wong cilik. Dan malam ini sangat luar biasa. Masyarakat tumpah ruah menghadiri peresmian posko," katanya.

Dengan didirikannya posko ini, kata Adi, tugas kader adalah untuk mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Untuk itu, Adi meminta disetiap kelurahan minimal ada lima posko. Semakin banyak semakin baik. 

"Posko ini bisa menjadi tempat berkumpul, diskusi menyelesaikan masalah rakyat. Semakin besar yang bisa dilakukan, itu artinya kepercayaan masyarakat terhadap PDI Perjuangan juga akan semakin besar, sehingga nanti bisa hattrick pada Pemilu 2024 dan memenangkan Mas Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI," tandasnya.

Sedangkan anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDI Perjuangan, Yordan M Batara Goa, yang turut hadir dalam peresmian posko itu mengatakan, keberadaan posko ini sangat penting. Sebab tempat ini menjadi titik koordinasi, penyusunan strategi dan tempat berkumpul dan tempat penyampaian aspirasi masyarakat.

"Tanggap 14 Februari 2024 yang ditetapkan sebagai hari pemilihan presiden dan pileg itu sebentar lagi. Kita harus bekerjasama untuk kemenangan PDI Perjuangan. Kita harus bisa merebut posisi strategis agar bisa mewujudkan kesejahteraan rakyat. Setelah ini semua harus bergerak dan bekerjasama," tandasnya.