Alhamdulillah, 6.510 Guru TPQ di Jombang Akan Terima Insentif

Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat sosialisasi insentif guru TPQ/Ist
Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat sosialisasi insentif guru TPQ/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menggulirkan bantuan insentif terhadap guru TPQ (Taman Pendidikan Al Quran). Sebanyak 6.510 guru TPQ se Kabupaten Jombang tersebut mendapatkan insentif sebesar Rp 600.000.


Bupati Mundjidah Wahab mengatakan bahwa guna meningkatkan pemerataan kesejahteraan bagi guru ngaji, Pemkab Jombang tahun anggaran 2023 akan memberikan insentif kepada para guru ngaji Taman Pendidikan Al Quran.

"Guru TPQ ini sangat luar biasa dalam rangka mendukung upaya pemerintah menuju tercapainya tujuan pendidikan nasional, khususnya dalam pengembangan iman dan taqwa (imtaq) serta budi pekerti luhur (akhlaqul karimah)," ujar Hj Mundjidah Wahab, usai sosialisasi didepan guru TPQ se Jombang di pendopo setempat, Rabu (24/05) dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Bupati Jombang menjelaskan, insentif ini tidaklah seberapa besar bila dibandingkan dengan pengabdian dan pengorbanan para guru TPQ yang ikhlas mencurahkan tenaga dan pikirannya. Bahkan, beliau guru ngaji di TPQ ini yang tetap mengajar meskipun tanpa adanya imbalan apapun.

"Mudah-mudahan insentif yang diberikan mampu menjadikan semangat dan manfaat bagi seluruh guru ngaji TPQ di Kabupaten Jombang," tutur Bupati Mundjidah, didampingi Jumadi Kabag Kesra, Nasrulloh Kepala DPKAD dan Kabag Perencanaan Keuangan, Imron.

Diketahui, jumlah lembaga TPQ di Kabupaten Jombang yang terverifikasi oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat dan berhak menerima insentif Tahun Anggaran 2023 ini adalah sebanyak 1.825 (seribu delapan ratus dua puluh lima) TPQ.

Maka total guru yang mendapat insentif adalah 6.510 (enam ribu lima ratus sepuluh) orang guru TPQ se Kabupaten Jombang. Masing-masing guru TPQ akan menerima insentif sebesar Rp600.000 di tahun anggaran 2023, yang akan diberikan dalam 2 tahap. Tahap I diperkirakan akan diserahkan pada Juli dan tahap II pada Oktober 2023.

"Insyaallah, insentif ini akan kita naikkan secara bertahap setiap tahunnya, harapannya dari Rp.600.000 bisa naik menjadi Rp750.000," tandasnya.

Materi Sosialisasi Insentif Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Kabupaten Jombang 2023 pada kesempatan tersebut disampaikan oleh petugas dari Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Jombang dan Ketua Komisi D - DPRD Kabupaten Jombang, Hj. Erna Kuswati, SE.