Jelang Idul Adha, Stok Hewan Qurban di Lamongan Dipastikan Mencukupi 

Stok hewan qurban di Lamongan
Stok hewan qurban di Lamongan

Menjelang Idhul Adha 2023  jatuh pada bulan Juni mendatang, Kabupaten Lamongan menyatakan siap  ketersediaan dengan stok hewan Qurban yang mencukupi serta keamanan kesehatan pada hewan Qurban


Hingga bulan ini tercatat ada 8 ribu sapi jantan dewasa, 18 ribu kambing, dan 6 ribu domba di Kabupaten Lamongan. Seluruh populasi yang ada sudah memenuhi syariat Islam dan kriteria kesehatan hewan  yang tentunya  sudah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak dua kali.

Dikatakan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dinkeswan) Kabupaten Lamongan Moch. Wahyudi, untuk menjaga kondisi tersebut, Dinkeswan melakukan beberapa langkah utamanya mengintensifkan pengamatan kesehatan pada hewan ternak yang akan diqurbankan.

"Langkah yang kami lakukan pertama kali saat menjelang Idul Adha ialah mengidentifikasi stok hewan Qurban, setelah itu yang kami intensifkan ialah pengamatan kesehatan pada hewan yang ada ditiap-tiap kandang peternak," tutur Wahyudi saat ditemui di Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Senin (29/5)

Diterangkan oleh Wahyudi bahwa intensif kesehatan pada hewan dilakukan secara ketat selama 21 hari sebelum disembelih dengan memberikan disinfeksi, biosekuriti, komunikasi informasi edukasi (KIE), vitamin, dan obat cacing.

"Karena masih dalam kondisi PMK, kami pastikan seluruh ternak di Lamongan sudah mendapatkan vaksin. Kami juga rutin berikan disinfeksi, vitamin, dan perawatan lainnya pada 21 hari sebelum disembelih," terangnya.

Untuk menunjang keamanan hingga pasca pemotongan, Dinkeswan Kabupaten Lamongan sudah menyiapkan infrastruktur di 1.900 titik pemotongan. Didalamnya terdapat pasukan pemeriksa yang akan melakukan pelaporan jumlah hewan dan masalah yang terjadi saat di lapangan.

Tidak hanya edukasi untuk peternak, masyarakat yang menjadi konsumen juga diberikan pengarahan kepada masyarakat melalui kegiatan sosialisasi rutin setahun sekali menjelang Idul Adha yang berisi proses pemilihan ternak yang saat ini sudah bisa diakses melalui bursa hewan Qurban (BHQ) Lamongan, pemotongan, tempat pemotongan, hingga pembagian daging.