Airlangga: Demokrasi Harus Dijaga dengan Baik, Golkar Konsisten Sistem Proporsional Terbuka

Ketua Umum Partai GolKar, Airlangga Hartarto./Net.
Ketua Umum Partai GolKar, Airlangga Hartarto./Net.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto demokrasi dan kekuatan partai politik harus dijaga dengan baik. Dalam rangka menjaga kekuatan demokrasi di Indonesia, Partai Golkar tegas menjaga konstitusi UUD 1945 dan Pancasila, serta empat pilar.


"Karena itu Golkar akan memperjuangkan agar Pemilu 2024 mendatang bisa dilaksanakan dengan sistem proporsional terbuka," kata Airlangga Hartarto dengan nada tegas  di acara pembukaan Rakernas, di Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat, Minggu (4/6).

Airlangga menegaskan Partai Golkar kukuh memperjuangkan sistem proporsional terbuka untuk Pemilu 2024. 

“Golkar terus berjuang untuk sistem pemilihan proporsional terbuka, dan kemarin saya berterima kasih kepada Fraksi Golkar yang terus mengonsolidasikan 8 partai yang telah berjuang untuk terbuka,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga mengatakan, Golkar masih berjuang soal Pemilu 2024, terkait pemilihan yang terbuka, karena susunan Bacaleg Golkar mencerminkan pemain yang disiapkan untuk bermain terbuka.

“Kalau pemain tertutup, yang disiapkan bendera saja. Bendera urusan partai,” kata dia.

Dia juga mengatakan, untuk sistem Pemilu telah berdiskusi dengan PDIP, dan secara tersirat sejumlah kader partai banteng moncong putih itu menginginkan sistem proporsional terbuka.

“Saya sudah berkomunikasi dengan seluruh partai, termasuk PDIP, dan kalau saya lihat, bakal calon yang diajukan juga siap untuk pemilihan terbuka,” pungkas dia.