Para Pemulung di Sidoarjo Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Capres 2024

Para pemulung ini mendeklarasikan diri mendukung Gus Muhaimin sebagai calon presiden dengan latar belakang tumpukan sampah. Mereka menamakan dirinya sebagai Serdadu Lingkungan Sidoarjo (SLS).


Dukungan dari berbagai lapisan masyarakat untuk Gus Muhaimin Iskandar untuk maju calon presiden 2024 semakin menguat. Kali ini dukungan datang dari para pemulung sampah TPA Jabon, Sidoarjo, Kamis (8/6). 

Kordinator SLS, Luluk saat membacakan deklarasi menyebutkan bahwa persolan sampah ini sering dianggap remeh dan disepelekan. Sehingga butuh sosok pemimpin yang memiliki keberpihakan kepada lingkungan, khususnya dalam penanganan sampah.

"Gus Imin (Muhaimin Iskandar) punya perhatian yang tinggi pada persoalan lingkungan. Kami yakin dengan menjadi Presiden, Gus Imin akan lebih bisa memperhatikan persoalan sampah dan lingkungan,” kata Luluk. 

Luluk menegaskan, ia bersama para pemulung sampah yakin bahwa Gus Muhaimin mampu memperjuangkan dan mengatasi persolan sampah di Indonesia. 

“Gus imin ini adalah sosok yang mampu membuat perubahan besar dalam persoalan lingkungan di Indonesia. Menurut kami kepedulian beliau sangat tinggi. Kami yakin beliaulah yang mampu perjuangkan aspirasi kami,” tegas Luluk.

Luluk menekankan bahwa dirinya bersama para pemulung selama ini kurang diperhatikan, terutama pada persoalan jaminan kesehatan. Dia merasa persoalan kesehatan para pemulung luput dari perhatian pemerintah.

“Tiap harinya kamilah yang berhadapan dengan sampah-sampah ini. Tapi jaminan kesehatan bagi kami tidak pernah dibahas sekalipun oleh pemerintah, padahal seharusnya kamilah yang paling beresiko terhadap penyakit. Kami berharap Gus Imin menjadi Presiden 2024, agar nasib kami juga lebih diperhatikan,” pungkasnya.