Pemkot Siapkan Pola Pengamanan dan Rekayasa Lalin Festival Musik Surabaya Hebat

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Ndarboy Genk, musisi yang terkenal menciptakan lagu-lagu bahasa Jawa bakal menghibur warga Kota Surabaya.


Musisi asal Bantul, Yogyakarta ini akan tampil dalam puncak acara 'Festival Musik Surabaya Hebat' yang digelar di halaman pintu selatan Balai Kota Surabaya, Sabtu (10/6).

Sub Koordinator Operasional Satpol PP Kota Surabaya, Edi Wiyono menjelaskan pola pengamanan di sekitar kawasan Festival Musik Surabaya Hebat. 

Dalam festival tersebut, sebanyak 1.491 personel gabungan dikerahkan untuk mendukung kelancaran acara.

"Terkait pengamanan kami sudah siapkan dari beberapa unsur. Di antaranya, dari TNI-Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan (Dishub), kurang lebih ada sekitar 1.491 personel. Itu kami bagi ke dalam 13 zona," kata Edi Wiyono dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat konferensi pers di eks Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jumat (9/6).

Edi menjelaskan, bahwa setiap zona tersebut akan dilengkapi dengan beberapa personel gabungan. 

Mulai dari TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, tenaga medis dari Dinas Kesehatan serta petugas yang membawa APAR (Alat Pemadam Api Ringan) portable.

"Setiap zona dilengkapi titik-titik dimana nanti ada terkait teman-teman Dinkes menyiapkan ambulance dan tenaga medis, juga ada toilet portable dan petugas dari Dinas Pemadam yang membawa APAR portable keliling," katanya.

"Karena memang di acara konser ini banyak sekali aliran-aliran atau tenaga sumber listrik. Kedua karena ada UMKM yang tidak hanya menyediakan makanan jadi, tapi juga makanan yang masih diolah di sana," sambungnya.

Untuk memastikan keamanan jalannya festival, Edi juga mengungkapkan, bahwa petugas kepolisian bersama jajaran Pemkot Surabaya akan melakukan screening terhadap para penonton. 

Screening atau pengecekan dilakukan sejak selesai apel petugas pada pukul 13.00 WIB hingga berakhirnya acara.

"Jadi screening dilakukan, sehingga pada saat acara sudah dipastikan tidak ada penonton yang membawa senjata tajam, minuman keras dan parfum. Karena parfum ini jika digandengkan dengan korek api bisa nyala api," tegasnya.

Karenanya, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang hadir menyaksikan Festival Musik Surabaya Hebat supaya tidak membawa barang-barang yang dilarang.