Pameran Indonesia International Food Exhibition 2023 Resmi Dibuka oleh Krista Exhibitions

Pembukaan Pemeran Indonesia Food exhibition
Pembukaan Pemeran Indonesia Food exhibition

Krista Exhibitions resmi membuka pameran Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) hari ini, Kamis (15/6).


Pameran akan berlangsung dari hari Kamis, 15 Juni sampai dengan Minggu, 18 Juni 2023 di Grand City, Kota Surabaya. 

Diketahui, Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) merupakan pameran makanan dan minuman berskala Internasional yang menghadirkan 250 perusahaan pelaku usaha dari industri makanan dan minuman dan 30 pelaku

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang diikuti bukan hanya dari Indonesia melainkan  dari 7 negara yaitu Malaysia, Korea, China, Jepang, Singapore, Italia dan Taiwan. Indonesia  International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) digelar bersamaan dengan Pameran Indonesia Licensing Expo 2023 dan EastPack Surabaya 2023 selama empat hari ke depan.

Dalam Opening Ceremony Pameran Indonesia International Food Exhibition 2023  (IIFEX 2023), Chief Executive Officer (CEO) PT. Kristamedia Pratama, Daud D Salim mengatakan, pameran Eastfood Indonesia kini menjadi Pameran Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) yang merupakan pameran yang tepat untuk dihadiri oleh para pelaku bisnis di industri makanan dan minuman.

"Karena teknologi dan sains di industri ini sangat cepat berkembang. Apalagi Indonesia punya pasar yang sangat besar dan  Krista Exhibitions optimis karena tercatat peningkatan sebesar 35% peserta pameran  dibandingkan penyelenggaraan 2022 lalu," ujarnya. 

Daud meyakini, melalui pameran ini para exhibitors  dapat meningkatkan bisnis mereka hingga go Internasional.

Sementara Eddy Widjanarko, selaku Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, pada tahun terakhir, Jawa Timur saat ini sebagai pusat lumbung nasional karena surplus di sektor ketahanan pangan. 

"Jawa timur sebagai barometer pangan nasional. Data terakhir untuk produksi padi sebesar 9,6 juta ton (2022) dan untuk produksi beras sebesar 5,5juta ton (2022) yang menjadi pusat pertumbuhan dan lumbung Jawa Timur ada di Kabupaten Lamongan, Ngawi dan Bojonegoro," ujarnya.

Seperti halnya ketahanan pangan sektor perikanan dan budidaya, juga mengalami pertumbuhan dengan total volume 3,5 juta ton dengan nilai sekitar 26,5 milyar. 

Jawa timur juga sebagai basis komiditas yang meliputi sektor perkebunan, holtikultura, perikanan, kehutanan, peternakan dan tanaman pangan yang menjadi barometer pertumbuhan dan pendapatan hasil  secara nasional.

Sementara di tempat yang sama, Susanty Widjaya selaku Ketua Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) menuturkan, jika ASENSI bersama dengan IMEI dan Krista Exhibitions optimis dengan diadakannya pameran  IIFEX dan ILE 2023 di kota Surabaya dengan tag line pameran Indonesia Licensing Expo 2023 adalah LET’S RISE UP TOGETHER dengan tujuan agar para wirausaha makanan dan minuman, para UMKM, lisensi dan waralaba merek lokal dapat bangkit dari keterpurukan kemarin melalui ajang pameran terbesar di Surabaya ini.

Saat mengunjungi pameran International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) , para pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai teknologi bakery & confectionery (mesin bakery & confectionery, peralatan, persediaan bahan), layanan & teknologi terkait untuk hotel, katering, restoran, kafe); bahan pangan,makanan herbal & kesehatan (makanan herbal & kesehatan dan  suplemen makanan

Bukan hanya pameran makanan, minuman, licensing dan kemasan saja, namun juga ada berbagai acara menarik seperti Baking & Cooking Demo dari hampir 30 chef ternama. 

Kesuksesan Pameran makanan minuman, licensing waralaba dan kemasan Indonesia International Food Exhibition, Indonesia Licensing Expo dan EastPack Surabaya 2023 tidak  lepas dari dukungan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Surabaya,  Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, 

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, KADIN Indonesia, KADIN Jawa Timur, KADIN Surabaya, Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI), Indonesian Packaging Federation (IPF), Asosiasi Pengusaha Pengolahan & Pemasaran Produk Perikanan Indonesia (AP5I), Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI), Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), Asosiasi Pengusaha Kafe & Restoran Indonesia (APKRINDO) Jawa Timur,Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI), Perhimpunan Hotel Dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur, serta berbagai institusi lainnya.

Pameran Indonesia International Food Exhibition, Indonesia Licensing Expo dan EastPack Surabaya 2023 terbuka hari ini bagi para pelaku bisnis dan masyarakat umum, mulai  dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.