Lewat Pameran ILE 2023 Surabaya, Upaya Para Wirausaha Merek Lisensi Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Pameran ILE 2023
Pameran ILE 2023

Pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia, Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 telah dibuka bersamaan dengan Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) pada Kamis kemarin (15/6/23).


Rangkaian pergelaran untuk road show ILE 2023 sendiri ada di tiga kota besar dan dimulai di Kota Surabaya.

Pameran the 3rd ILE 2023 diharapkan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) bisa menjadi ajang pertemuan antara exhibitor, yang terdiri dari licensor, franchisor, yang akan bertemu dengan buyer dan investor, kemudian juga licensee dan franchisee yang dimana mereka ingin membuka dan mengembangkan usaha dari beragam industry.

Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya mengatakan, Surabaya dijadikan penyelenggaraan Road Show pameran ILE Indonesia Licensing Expo 2023 yang pertama bukanlah tanpa alasan.

"Kami yakin dan percaya kota Surabaya yang dikenal sebagai kota Pahlawan dapat menciptakan dan menumbuh kembangkan para wirausaha merek lisensi dan waralaba lokal Surabaya khususnya dan Jawa Timur tentunya yang akan membantu pertumbuhan dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” kata Susanty, Sabtu (17/6).

Susanty menjelaskan, Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Lisensi, Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia yang di tahun ini mengusung tag line pameran Indonesia Licensing Expo 2023 - LET’S RISE UP TOGETHER, yang mana dengan tujuan agar para wirausaha makanan dan minuman, para UMKM, lisensi dan waralaba merek lokal dapat bangkit dari keterpurukan kemarin melalui ajang pameran terbesar di Surabaya.

Oleh karenanya pula, lanjut dia, Pameran Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 ini juga didukung oleh Kementerian Lembaga dan salah satunya adalah Kementrian Perdagangan.

Susanty mengaku optimistis 3rd ILE 2023 akan sukses.

"Keyakinan kami itu ada karena, di pameran tahun ini ASENSI menggandeng KRISTA Group yang pastinya sudah tidak asing lagi di dunia per EOan," ucapnya. 

Susanty yang juga pemegang lisensi merek lokal kebanggaan Indonesia yakni Bakmi Naga Resto dan Batavia Cafe ini juga mengungkapkan bahwa pameran ini berskala internasional karena melibatkan sejumlah negara.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, tujuan the 3rd ILE 2023 adalah menjadi ajang pertemuan antara exhibitor, yang terdiri dari licensor, franchisor yang akan bertemu dengan calon investor, yang terdri dari licensee dan franchisee yang dimana mereka ingin membuka dan mengembangkan usaha dari beragam industri," terang Susanty. 

Sementara itu, Daud Salim selaku CEO dari IMEI dan KRISTA Exhibitions menyatakan sangat antusias dan mendukung penuh dalam menyelenggarakan the 3rd ILE 2023 yang diselenggarakan di Surabaya bersamaan dengan Pameran Industri makanan minuman hingga kemasan yaitu Indonesia International Food Exhibition 2023 (IIFEX 2023) dan Eastpack Indonesia 2023.

"Diharapkan bisnis lisensi dan waralaba yakni pemilik bisnis dan pengusaha untuk bisa saling bertemu dan memberikan peluang kepada masyarakat, yang nantinya bisa membuka usaha lisensi dan waralaba sehingga makin banyak entreprenuer baru yang akan tampil dan sukses," ungkap Daud.