Peduli Sosial Dan Lingkungan, PT Paiton Energy Perkuat Komitmen Dengan KLHK

Caption 1 : PT Paiton Energy Saat Tandatangani pernyataan dukungan usaha Pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial, bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Caption 1 : PT Paiton Energy Saat Tandatangani pernyataan dukungan usaha Pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial, bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

PT Paiton Energy Probolinggo memperkuat komitmen terhadap lingkungan hidup dengan menandatangani pernyataan dukungan usaha Pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 


Dukungan pengembangan KUPS ini merupakan salah satu bentuk Inovasi Sosial dan Lingkungan. Penandatanganan Pernyataan tersebut dilaksanakan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Jakarta, saat acara Festival PeSona (Perhutanan Sosial Nasional).

Pernyataan ditandatangani oleh Bayu Anggoro Widyanto, Chief Financial Officer Paiton Energy, bersama sama dengan Dr. Ir. Bambang Suprianto, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, dan disaksikan oleh Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. 

Chief Financial Officer PT Paiton Energy Bayu Widyanto mengatakan melalui program tersebut, Perusahaan akan berperan aktif melaksanakan inovasi sosial dan lingkungan dengan mendukung peningkatan kinerja program Hutan Sosial. 

Selain penandatanganan MOU Proper Hijau, Perusahaan bersama Pemerintah Desa Pondokkelor, melakukan penanaman pohon Kelor di Desa Pondokkelor, kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, yang terletak di dekat wilayah operasional Perusahaan.

Dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dengan total peserta yang hadir 200 orang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, Camat Paiton, Kapolsek Paiton, Danramil Paiton, BUMDESA, PKK, Warga Desa Pondokkelor, Kelompok Tani, Organisasi Masyarakat Alam Hijau dan Perisai Hutan, Pramuka. Jumlah pohon yang ditanam mencapai 1.070 pohon, yang terdiri dari 1.040 bibit pohon Kelor dan 30 pohon Tabebuya.

Human Resources Manager POMI Rochman Hidayat mengatakan Perusahaan selalu berkomitmen dalam mitigasi perubahan iklim, kegiatan penanaman pohon Kelor ini merupakan hal yang sangat penting untuk kelestarian lingkungan. 

“Pohon Kelor dipilih sebagai spesies yang ditanam dalam kegiatan ini karena memiliki banyak manfaat. Pohon Kelor membantu dalam konservasi tanah, penyerapan karbon, serta mendukung keragaman hayati lokal,” katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (16/6).

Kepala Desa Pondokkelor Fredericks Ade Candra mengatakan dahulu nama Desa Pondokkelor berasal dari rumah yang terbuat dari pohon Kelor. Pada saat itu, pohon Kelor juga menghiasi jalan desa setempat. Namun seiring berjalannya waktu, pohon Kelor di desa ini mulai hilang, bahkan hampir tidak ada tanaman pohon Kelor. Dengan kegiatan ini, diharapkan Desa Pondokkelor, kembali dihiasi pohon Kelor.

“saya mengajak masyarakat Desa Pondokkelor untuk ikut menjaga dan merawat pohon-pohon Kelor ini sampai tumbuh besar karena begitu banyak manfaatnya untuk program penghijauan desa,” kata Fredericks.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Subiono mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penanaman tersebut, hal ini menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup. Selain itu, Subiono berharap keberlanjutan program penanaman pohon Kelor ini diharapkan akan terus berlanjut ke depannya.

Paiton Energy telah melaksanakan program CSR sejak tahun 2000 yang dirancang setiap tahun, dan dipantau oleh Komite Pengembangan Masyarakat. Program dikategorikan dalam tiga fokus yaitu mendukung keberlanjutan Perusahaan (pembangkit), keberlanjutan sosial ekonomi, serta keberlanjutan energi dan lingkungan.