Genjot UMKM, Upaya Menko Muhadjir Atasi Ketimpangan Ekonomi

Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Walikota Blitar Santoso mengunjungi stan-stan UMKM pada Bazar Blitar Djadoel 2023/Ist
Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Walikota Blitar Santoso mengunjungi stan-stan UMKM pada Bazar Blitar Djadoel 2023/Ist

Disaat tingkat kemiskinan yang masih tinggi, sejumlah orang Indonesia justru masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.


Menyikapi kondisi ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menawarkan solusi lewat pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperkecil ketimpangan ekonomi.

Solusi ini ditawarkan Muhadjir saat membuka Bazar Blitar Djadoel 2023, di Alun-Alun Kota Blitar, Jawa Timur. Bazar ini menandai Bulan Bung Karno yang akan berlangsung hingga 21 Juni mendatang.

"Kalau belanja jangan cari hanya yang bermerek apalagi dari impor. Belanja lah dari pengrajin lokal kreator Blitar. Dengan begitu maka distribusi kekayaan bisa berputar di kita semua. Bukan hanya di mereka yang kaya," ujar Muhadjir seperti dikutip redaksi melalui keterangan resminya, Minggu (18/6).

Mendikbud Kabinet Jokowi Jilid Satu ini menegaskan, menggerakkan UMKM akan menekan ketimpangan ekonomi. Untuk itu industri UMKM dan produk kreatif perlu dikuatkan.

"Tidak hanya mengandalkan perusahaan besar, karena 80 persen ada pelaku UMKM. Karena itu harus didorong agar roda ekonomi lancar," pungkasnya.