Jokowi kepada Relawan: Teliti Betul Pilih Pemimpin!

Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Relawan GK-Center di Balai Sarwono, Jakarta Selatan/Net
Presiden Joko Widodo saat menghadiri acara Relawan GK-Center di Balai Sarwono, Jakarta Selatan/Net

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat untuk teliti dalam memilih pemimpin. Pesan ini disampaikan Jokowi tidak hanya khusus untuk Pilpres, tetapi juga ke Pileg hingga Pilgub dan Pilwalkot pada 2024 mendatang.


Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Hari Jadi ke-11 Komunitas Relawan Galang Kemajuan dan Keberlanjutan Center (GK Center) di Balai Sarwono, Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6).

Jokowi mengatakan, pemimpin Indonesia selanjutnya akan memiliki banyak tantangan. Karena itu, dia meminta masyarakat teliti dalam memilih pemimpin.

"Saya harus ngomong apa adanya, kepemimpinan yang akan datang itu tidak semakin mudah tetapi semakin sulit karena berubahnya keadaan yang tidak normal," ucap Jokowi.

"Teliti betul, teliti betul, teliti betul (dalam memilih pemimpin). Sekali lagi saya sampaikan, keadaan global dalam lima tahun yang akan datang, sepuluh tahun yang akan datang, bukan keadaan yang gampang. Jangan sampai keadaan yang normal, karena kekeliruan kita memilih pemimpin jadi keadaannya tidak normal," imbuhnya.

Lanjut Jokowi, teliti dalam memilih pemimpin ini tidak hanya saat Pilpres dan pemilihan anggota legislatif. Tetapi juga teliti dalam memilih gubernur, walikota, dan bupati.

"Ada pemilihan legislatif, pemilihan gubernur, ada pemilihan walikota, ada pemilihan bupati, banyak sekali," kata Jokowi.

"Saya titipnya itu, kepemimpinan itu dalam artian semuanya tadi. Teliti, dilihat, supaya kepemimpinan provinsi, kabupaten/kota, yang betul-betul sesuai dengan yang kita inginkan. Jangan sampai keliru, jangan sampai salah," ujarnya.