Anies Baswedan Tunaikan Ibadah Haji, Jadi Titik Tolak dan Ikhtiar Perjuangan Besar

Anies Baswedan mencium tangan ibunda sebelum berangkat menunaikan ibadah Haji/Ist
Anies Baswedan mencium tangan ibunda sebelum berangkat menunaikan ibadah Haji/Ist

Calon presiden yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan berangkat menunaikan ibadah Haji, Kamis (22/6).


"Alhamdulillah, sore ini kami baru saja meninggalkan rumah dan insyaAllah malam ini kami akan berangkat ke Haramain, dua Tanah Suci," tulis Anies di akun Twitter @aniesbaswedan.

Dalam pesannya, Anies juga meminta maaf karena tidak bisa menghubungi kerabat dekat serta handai taulan sebelum berangkat Haji.

"Karena relatif pendeknya waktu, kami memohon maaf yang sedalam-dalamnya kepada semua karena tidak bisa menghubungi satu per satu untuk berpamitan. Melalui pesan singkat ini, kami bermaksud berpamitan pada semua," katanya.

Di kesempatan ini, Anies juga meminta maaf bila selama ini memiliki salah baik dari perkataan, tingkah laku dan lainnya.

Anies mengatakan, ibadah Haji kali ini sebagai titik tolak dan ikhtiar besar ke depannya, sebab dirinya akan maju dalam sebagai capres di Pemilu 2024.

"Haji kali ini adalah sebuah perjalanan spiritual yang teramat penting bagi kami. Titik tolak bagi ikhtiar perjuangan besar ke depan, perjuangan ke depan yang seharusnya lebih besar dari diri sendiri, lebih besar dari keluarga kami, tapi adalah untuk seluruh bangsa, terutama mereka yang lemah," tuturnya.

"Semoga kami sekeluarga bisa mengambil hikmah dari perjuangan keluarga mulia yaitu Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail, yang kisahnya membalut semua rangkaian ritual haji," kata Anies lagi.

Anies juga mengatakan, Haji kali ini sebagai momen pengingat untuk meluruskan niat, meluruskan tujuan, memohon ampunan serta perlindungan ke Allah SWT dari godaan-godaan nafsu yang dapat mengotori kesucian niat.

"Mohon doa agar kami selalu diberi kesehatan dan kekuatan, sehingga dapat menjalani perintah Allah ini dengan baik dan meraih haji mabrur," ucap Anies dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Masih dalam unggahan di Twitter, Anies terlihat mencium tangan untuk memohon doa restu kepada ibunda.