Penuhi Kebutuhan Masyarakat saat Idul Adha, Pertamina Tambah Stok 1,5 Juta Tabung Elpiji 3 Kg

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus penuhi kebutuhan masyarakat saat Idul Adha 1444 H/2023 M, dengan menambah stok 1,5 juta tabung elpiji 3 Kilogram (Kg).


Hal itu diungkapkan oleh Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi. Senin (26/06)

"Penambahan itu, guna memastikan stok BBM dan elpiji dalam keadaan aman. Tujuannya, agar masyarakat saat menjalani Idul Adha menjadi nyaman dan lancar," ujar Ahad melalui rilisnya.

Ia juga menuturkan, pihaknya melakukan penambahan stok di beberapa Kabupaten/Kota se-Jatimbalinus selama tanggal 26 sampai dengan 29 Juni 2023. Hal itu disesuaikan berdasarkan kebutuhan masing-masing wilayah, pasca berkoordinasi dengan Pemda setempat. 

"Demi mendukung kelancaran perayaan Idul Adha 1444 H, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menambah lebih dari 1,5 Juta Tabung elpiji 3 Kg. Jumlah tersebut diluar pasokan normal harian sebesar 5.792 metrik ton atau lebih dari 1,9 Juta Tabung elpiji 3 Kg," terang Ahad.

Ahad menjelaskan, bahwa stok elpiji 3 Kg Subsidi sebanyak 1,5 juta itu akan tersebar kebeberapa wilayah. Diantaranya adalah, Jawa Timur sebesar 1.210.200 tabung, Bali sebesar 183.680 tabung, dan NTB sebesar 153.600 tabung.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat turut mengawasi konsumsi elpiji 3 Kg Subsidi tersebut. Yang mana kegunaan, ditujukan untuk konsumsi oleh masyarakat miskin, sehingga subsidi tepat sasaran di sektor elpiji dapat terwujud.

"Karena ini subsidi, kami harapkan keterlibatan aktif berbagai pihak untuk mengawasi distribusi (terutama) di luar pangkalan resmi Pertamina atau pengecer,” tutur Ahad.

Masih kata Ahad, saat ini Pertamina sedang melaksanakan sosialisasi dan pendataan subsidi tepat elpiji 3 Kg Subsidi secara bertahap di Pangkalan Resmi Pertamina, yang mana berfungsi sebagai lembaga penyalur elpiji resmi tingkat akhir dan langsung melayani konsumen secara individu.

"Masyarakat yang membutuhkan bisa membeli langsung ke Pangkalan Resmi Elpiji 3 Kg, agar bisa mendapatkan harga eceran tertinggi (HET) sesuai dengan keputusan Gubernur wilayah masing-masing. Informasi seputar layanan pertamina termasuk lokasi Pangkalan Resmi, dapat diperoleh secara langsung melalui Call Center Pertamina 135,” paparnya.

Di sisi lain, untuk stok BBM di wilayah Jatimbalinus diturunkan sebesar 247.751 kilo liter untuk Gasoline dan 59.112 kilo liter untuk Gasoil. Jumlah tersebut dipastikan sangat aman menopang konsumsi normal harian rata-rata, untuk Gasoline sebesar 17.200 kilo liter dan Gasoil sebesar 11.589 kilo liter.

"Kami pastikan ketersediaan stok BBM di SPBU aman, karena selain mobilisasi hari raya juga ada destinasi wisata yang sudah kita antisipasi,” pungkas Ahad.