Tunaikan Ibadah Haji, Pria Pakistan Jalan Kaki Selama 6 Bulan ke Makkah

Usman Arshad berjalan kaki selama 6 bulan dari Pakistan ke Arab Saudi untuk bisa menunaikan ibadah haji/Net
Usman Arshad berjalan kaki selama 6 bulan dari Pakistan ke Arab Saudi untuk bisa menunaikan ibadah haji/Net

Tekad pemuda asal Pakistan ini patut jadi inspirasi kaum muda. Ia melakukan perjalanan ribuan kilometer dengan berjalan kaki selama 6 bulan menuju Makkah untuk bisa menunaikan ibadah haji.


Adalah Usman Arshad yang melakukan perjalanan luar biasa demi mewujudkan impian seumur hidupnya, melintasi empat negara sejauh 5.400 kilometer untuk melaksanakan Rukun Islam kelima itu.

Seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (27/6), Usman berangkat dari kampung halamannya di timur laut Pakistan pada Oktober 2022. Sepanjang perjalan, Usman menghadapi berbagai rintangan, seperti angin, hujan lebat, panas yang menyengat, hingga tidak bertemu manusia sama sekali di pedalaman yang membuatnya kesulitan mencari makanan dan tempat tinggal.

Namun, dalam perjalanan yang melewati Iran, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi itu ia mengaku sangat bahagia karena dapat mewujudkan impiannya.

"Saya sangat senang. Itu adalah impian saya untuk berjalan jauh ke Kabah," ujar pemuda 26 tahun itu dengan penuh kebahagiaan.

“Saya memilih untuk berjalan karena saya percaya jalan ini membawa saya lebih dekat kepada Tuhan,” tambahnya.

Usman pun aktif mendokumentasikan perjalanannya melalui akun media sosialnya. Ia membagikan momen-momen berharga dan pengalaman menakjubkan yang dialami sepanjang jalan.

Usman telah tiba di Makkah pada 13 Maret lalu dan berencana untuk pulang ke Pakistan pada 14 Juli mendatang setelah menyelesaikan ibadah haji, untuk kembali melanjutkan studinya yang terhenti selama 9 bulan terakhir.