Idul Adha 2023, Berkurban Manifestasi Ketakwaan Umat

Foto/RMOLJatim
Foto/RMOLJatim

Hari Raya Idul Adha 1444 H momentum menguatkan ikhtiar dan ketakwaan umat Islam di seluruh belahan dunia. Setiap pelaksanaan Idul Adha pasti lekat dengan kisah Nabi Ibrahim yang diuji ketakwaannya oleh Allah SWT melalui perintah menyembelih putra kesayangannya Nabi Ismail yang harus dijadikan cermin umat Islam dalam keseharian.


Dari kisah yang bersejarah ini telah berkelanjutan hingga saat ini dengan istilah berkorban di dalam agama Islam berkurban sudah ditetapkan menjadi sunnah muakad. Dalam pelaksanaan kurban bukan dilihat dari kuantitas hewan, melainkan hakekatnya menguji keikhlasan setiap umat.

Triwiyata, pemangku Musholla Al-Mukaromah Desa Ngadirejo Dusun Nawangan Kecamatan Widang Kabupaten Tuban  H Tri Wiyanta memberikan teladan pada warga sekitarnya dalam kesempatan yang mulia ini.

"Islam mensyariatkan kurban bagi umat Islam yang mempunyai berkecukupan harta karena berkurban merupakan manifestasi ketakwaan,” tutur Tri Wiyanta dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (29/6).

Pada ahun ini di Musholla Al- Mukaromah ada 4 sapi dan 7 kambing hewan kurban yang disembelih. 3 sapi dari warga yang melakukan ibadah dengan cara arisan atau iuran yang beranggotakan 63 Orang, 1 Sapi dan 7 kambing hewan korban dari perorangan .

"Dengan cara ini masyarakat bisa  melaksakan kurban pada tiap tahun, tidak hanya warga  yang sudah berkecukupan namun semua kalangan  bisa melakukan kurban asal ada niat, karena bisa ditabung dipanitia perbulan 100 ribu. Terbukti pada Idul Adha tahun ini di Musholla kami bisa membagikan daging 1,6kg/warga sekampung," ungkap Haji Tri.

Sementra Safi'i kepala Dusun Nawangan,  berharap agenda momentum idul adha bisa melaksakan pada setiap tahun dan tahun depan semoga  hewan kurban bisa bertambah. Kalau tahun ini ada 4 sapi dan 7 kambing  semoga tahun depan bisa bertambah. 

"Anggota peserta iuran sudah ada yang daftar lagi ke panitia kurban, saya yakin pada hari raya Idul Adha tahun depan hewan kurban akan bertambah, sedikitnya 7 sapi,"  pungkasnya.