Hari Bhayangkara ke-77, Bupati Lamongan Ajak Jaga Situasi Jelang Pemilu 2O24

Yuhronur Efendi/Ist
Yuhronur Efendi/Ist

Memperingati Hari Bhayangkara ke-77 yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Lamongan, Bupati Yuhronur Efendi bertindak menjadi inspektur upacara.


Usai melaksanakan serangkaian upacara tersebut, acara dilanjutkan tasyakuran di Polres Lamongan, Bupati Lamongan akrab disapa Pak Yes mengajak seluruh stekholder khususnya anggota polri untuk menjaga situasi kamtibmas jelang pemilu 2024. 

“Momen penting baik pemilu legislatif, pemilu presiden, dan pemilu kepala daerah nanti dapat berjalan dengan baik dan tertib, untuk menghasilkan kepemimpinan yang akan membawa kejayaan kita semua, kejayaan untuk negeri yang kita cintai dan kejayaan Kabupaten Lamongan yang kita cita-citakan bersama,” tutur Bupati Yes saat tasyakuran dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (1/6).

Hal tersebut sejalan dengan tema HUT Bhayangkara ke 77 tahun 2023 yakni Polri presisi untuk Negeri Pemilu damai untuk Indonesia Emas, Sehingga pemilu yang menjadi bagian dari perjalanan bangsa kedepan, dengan terjalinnya situasi yang kondusif dapat menciptakan Lamongan lebih damai dan sejahtera.

Di usia yang ke 77 Bhayangkara, Polri telah melalui sejarah panjang dalam perjalannya, tanggal yang diperingati setiap 1 Juli merupakan momentum turunnya Perpres nomor 11tahun 1946 terkait penyatuan korps kepolisian yang berada di daerah-daerah menjadi satu kesatuan secara nasional di bawah pemerintahan Republik Indonesia yang telah dibentuk sejak zaman kolonial Belanda tahun 1897. 

Sementara nama Bhayangkara berasal dari istilah yang digunakan Patih Gadjah Mada dari Majapahit untuk menamai pasukan keamanan yang ditugaskan menjaga raja. 

Dengan perjalanan panjang polri dengan membawa semangat mempersatukan bangsa, Bupati Yes berharap, situs Gajah Mada yang ada di Lamongan dapat membawa keberkahan disetiap langkah untuk persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Terima kasih yang sebesar-besarnya karena selama ini dalam perjalanan panjang Polri bersama-sama dengan seluruh masyarakat di Kabupaten Lamongan khususnya untuk terus terjaga keamanan dan ketertiban, ini suatu hal yang sangat penting untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lamongan,” tambah Bupati Yes.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Lamongan AKBP Yakhob Silvana Delareskha saat membacakan sambutan Kapolda Jawa Timur Tomi Harnanto mengatakan, menghadapi tantangan pemili 2024, netralitas polri menjadi hal yang sangat dinanti masyarakat Indonesia, sehingga diperlukan persiapan diri yang matang untuk memastikan pemilu 2024 dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. 

“Dalam situasi seperti ini sekarang ini kehadiran dan keterlibatan di seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dari stekholder paling atas hingga Bhabinkamtibmas ke tingkat desa-desa, kita juga dituntut aktif untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional menjaga stabilitas kondisi kamtibmas di tingkat Jawa Timur kondusif baik dalam menekan angka kriminalitas, mencegah terjadinya konflik horizontal antar kelompok, menjamin ketersediaan bahan pokok, serta penyaluran dan pengawasan bantuan dari pemerintah, maupun menjaga iklim investasi agar situasi tetap kondusif," ujarnya.

"Yang tidak kalah penting adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh seluruh rakyat Indonesia tahun depan adalah tahun politik dan yang saat ini rangkaian tahapan pemilu sudah berjalan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kapolres Yakhob mengungkapkan, sebelum puncak peringatan Hari Bhayangkara ke 77, Polres Lamongan telah melaksanakan berbagai kegiatan yang mencakup kegiatan sosial, religi, dan olahraga. Kegiatan tersebut guna mensinergikan antara polri, stekholder, dan masyarakat Lamongan. 

“Supaya kita bisa menjadi Polri yang posisi untuk lebih aman menuju Indonesia beberapa hal yang sudah kita laksanakan menjelang hari Bhayangkara 77 kita melakukan revitalisasi wisata reeligi sunan drajat, lomba-lomba dan lainnya. Dengan kegiatan tersebut tentu banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan menggali potensi atlet-atlet pada wilayah Lamongan yang bisa kita didik, bina, dan  mengharumkan nama Kabupaten Lamongan,” pungkasnya.