Apel Siaga Partai NasDem, Dipastikan Tak Ada Pengerahan Massa

Sri Sajekti,
Sri Sajekti,

Ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) Partai NasDem Jawa Timur, Sri Sajekti Sudjunadi menyatakan bahwa acara ‘’Apel Siaga Partai NasDem’’, yang rencananya akan digelar pada 16 Juli 2023 di Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno), adalah acara internal partai yang hanya akan diikuti oleh kader parta


’Karena itu, tidak ada pengerahan massa dari luar partai,’’ kata Sri Sajekti, Kamis (6/7).

Penegasan itu disampaikan Sri Sajekti sehubungan dengan beredarnya kabar di media sosial yang menyatakan bahwa apel siaga itu akan menjadi apel akbar dengan mengerahkan massa, terutama dari simpul relawan Anies Baswedan. Kabar itu beredar luas di media sosial dan grup percakapan Whatsapp, sehingga banyak sekali simpul relawan yang sudah bersiap-siap untuk berangkat ke Jakarta. 

‘’Kami mohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh simpul relawan, karena acara ini murni untuk kader Partai NasDem,’’ tambah Janet, panggian akrab Sri Sajekti.

Mengenai berita yang beredar luas di media sosial Janet menyatakan bahwa pihaknya tidak tahu dari mana sumbernya. Berita ajakan pengerahan massa itu beredar di banyak daerah. Janet mendapat laporan bahwa di Solo banyak terpasang baliho yang mengajak masyarakat untuk ikut berangkat ke Jakarta. Dalam baliho itu terdapat logo partai pendukung dan foto masing-masing ketua umum.

Untuk mengklarifikasi masalah tersebut Janet mengundang seluruh simpul relawan di Jawa Timur ke kantor DPW Partai NasDem Jawa Timur di Jl Arjuno Surabaya, Rabu (5/7). Puluhan pengurus simpul relawan memenuhi undangan tersebut. 

‘’Terima kasih sudah memenuhi undangan kami, tetapi kami mohon maaf belum bisa memenuhi keinginan teman-teman relawan untuk mengikuti apel siaga,’’ kata Janet.

Janet menambahkan, dalam rapat pimpinan di DPP Partai NasDem masalah pengerahan massa ini juga dibahas. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memerintahkan agar segera dilakukan klarifikasi supaya masalah segera bisa diatasi.

Janet menambahkan, pihaknya menyadari bahwa para relawan sangat antusias untuk mengikuti apel siaga ini. Rencananya para relawan akan datang dari seluruh penjuru Indonesia. Tetapi, pihaknya meminta maaf karena acara apel siaga ini akan dipergunakan secara khusus oleh Ketum Surya Paloh untuk mengecek kesiapan kader Partai NasDem menjelang pemilu.

Banyak simpul relawan yang sudah mempersiapkan diri untuk berangkat ke Jakarta. Fendi Sukatmanto, Ketua DPD Jaringan Nasional Relawan (Jarnas) ABW Ponorogo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dua bus untuk berangkat ke Jakarta. Dari Madura, Korwil Jarnas Madura Raya Jakfar Faruk Abdillah juga sudah bersiap-siap berangkat bersama rombongannya. Setelah mendapat informasi dari DPW NasDem Jatim Jakfar membatalkan rencananya.

Wakil Ketua DPW NasDem Jatim Warsito membenarkan kabar adanya baliho ajakan pengerahan massa di berbagai daerah. 

‘’Sebagaimana yang sudah ditegaskan oleh Ketua DPW NasDem Jatim, sebaiknya teman-teman relawan tidak berangkat ke Jakarta,’’ kata Warsito yang menjadi calon legislatif Partai NasDem untuk DPRD Jatim dari daerah pemilihan Surabaya.