Relawan Mak-Mak Jatim Bantu Warga yang Terdampak Lahar Dingin Semeru

Penyerahan bantuan
Penyerahan bantuan

Sukarelawan Mak Ganjar Jawa Timur menunjukkan kepeduliannya dengan membantu warga yang terdampak banjir lahar dingin di Kabupaten Lumajang.


Korwil Mak Ganjar Jatim Harizatun Naqiyah mengatakan mereka datang langsung ke Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim, pada Rabu (12/7).

Para pendukung Ganjar Pranowo itu hadir untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak lahar dingin.

"Banjir lahar dingin Semeru yang terjadi pada Jumatn (7/7) telah melumpuhkan sejumlah jembatan dan jalan penghubung di Lumajang, Jawa Timur," kata dia dalam siaran persnya.

Dia menuturkan bencana lahar dingin Semeru itu terjadi usai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur lereng gunung tertinggi di Jawa itu.

"Dampak dari banjir lahar ini masih dirasakan oleh warga setempat utamanya rusaknya infrastruktur dan padamnya aliran listrik," ujar dia.

Merespons hal itu, Mak Ganjar sengaja mengunjungi warga terdampak untuk menyalurkan bantuan secara langsung.

"Kami sukarelawan Mak Ganjar diantar oleh beberapa warga lokal masuk ke desa yang termasuk zona merah," ujar dia.

Menurut Harizatun, pada pagi hari, sebagian warga memilih bertahan di rumah sembari membersihkan puing-puing sisa banjir.

"Namun ketika sore menjelang atau kondisi cuaca hujan mereka memilih kembali ke pengungsian karena khawatir banjir susulan," kata dia.

Dia pun berharap melalui bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga yang terdampak banjir lahar dingin tersebut.

"Semoga seluruh warga yg terdampak mendapatkan ketabahan dan seluruh infrastruktur segera pulih," ujar dia.