Raih Penghargaan Pembina Koperasi Andalan, Bupati Malang Komitmen Tingkatkan Ekonomi UMKM

Penyerahan penghargaan di Harkopnas ke-76 di Jakarta/Ist
Penyerahan penghargaan di Harkopnas ke-76 di Jakarta/Ist

Bupati Malang HM Sanusi meraih penghargaan dari Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) untuk kategori Pembina Koperasi Andalan, saat peringatan Harkopnas ke-76 Tahun 2023 di Jakarta, Rabu (12/7).


Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, M Hidayat yang hadir mewakili Bupati Malang, dari Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) RI, Sri Untari Bisowarno.

Penyerahan penghargaan disaksikan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.

Atas penghargaan itu, Bupati HM Sanusi mengatakan, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang telah berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi UMKM, dengan melakukan upaya pembinaan dan pendampingan serta pengawasan terhadap koperasi serta pelaku usaha mikro.

“Supaya UMKM di Kabupaten Malang dapat mencapai ada tida hal yang perlu dibenahi. Diantaranya menghidupkan kembali KUD di Kabupten Malang, kemudian melalui pembenahan internal SDM di Dinas Koperasi dan UMKM, selanjutnya meningkatkan UMKM melalui Koperasi yang ada di Kabupaten Malang,” ujarnya.

Ia mengucapkan terimakasih terhadap seluruh pihak yang selama ini membina koperasi, termasuk koperasi itu sendiri yang juga telah turut berkontribusi pada pengembangan UMKM.

Dia mengaku penghargaan yang telah diraih ini, sejatinya merupakan wujud kerja keras jajaran pemerintah daerah bersama seluruh  koperasi di Kabupaten Malang.

“Saya berharap melalui pembinaan, akses pembiayaan dan pendampingan untuk mendapatkan legalitas formal, kedepannya akan mampu mengantarkan UMKM Kabupaten malang naik kelas, dan menjadi wirausaha murni yang mampu memberikan sumbangsih kepada income perkapita secara nasional," pungkasnya.