118 Prajurit TNI Diberangkatkan ke Australia Ikuti Latgabma Talisman Sabre 2023

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Sebanyak 118 prajurit TNI gabungan tiga matra diberangkatkan ke Australia dalam rangka mengikuti Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Talisman Sabre 2023.


Mereka dilepas langsung oleh Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (14/7).

Dalam amanatnya, Nur Rahmad menerangkan bahwa Latgabma Talisman Sabre ini adalah latihan multinasional yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali oleh Australia dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan prajurit angkatan bersenjata dalam rangka uji kemampuan militer di masa krisis dan tindakan kontijensi di kawasan regional Asia Pasifik.

“Saya perintahkan kepada saudara sekalian prajurit kebanggaan rakyat Indonesia, untuk melaksanakan latihan ini dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan disiplin, semangat, kerja sama dan kekompakan serta interoperabilitas prajurit tiga matra TNI yang profesional kepada tuan rumah,” tegas Nur Rahmad dikutip Kantor Berita Politik RMOL.

Nur Rahmad pun berpesan kepada seluruh peserta delegasi untuk mengutamakan zero accident dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan latihan serta menjalin komunikasi dan kerja sama secara profesional.

Pada pelaksanaan Talisman Sabre tahun 2023 ini akan diikuti oleh beberapa negara yaitu Australia, Jepang, Korea Selatan, Inggris, Kanada, Jerman, Perancis, Konga dan Selandia Baru dengan rangkaian latihan mulai Air Lift Operation, Joint Land Combat Operation, Airborne Operation, hingga Amphibious Operation.


ikuti update rmoljatim di google news