Atribut PDIP, Demokrat dan Gerindra Paling Dominan di Surabaya

Teks foto: Riset SSC atribut partai yang sudah ada di dalam rumah warga/RMOLJatim
Teks foto: Riset SSC atribut partai yang sudah ada di dalam rumah warga/RMOLJatim

PDIP dinilai sebagai partai politik yang atributnya dinilai paling sering dilihat dan ada dimana-mana, baik yang sudah ada di dalam rumah maupun di luar rumah. 


Hal itu berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) mengenai kecenderungan perilaku pemilih Surabaya menjelang Pemilu 2024.

Menurut Direktur Riset SSC, Edy Marzuki sebanyak 45,5 persen responden menyatakan PDIP menjadi jawara yang atributnya sudah ada di rumah. 

"Diikuti Demokrat dengan 5,8 persen, Gerindra ada 5,7 persen, PKB dengan 5,4 persen, Golkar ada 5,3 persen. Partai lainnya masih di bawah 5 persen seperti PAN dan PKS keduanya 2,3 persen, PSI 0,7 persen, PPP dengan 0,5 persen, Perindo dengan 0,4 persen, Partai Buruh dengan 0,2 persen, PBB dengan 0,1 persen. Partai sisanya seperti Hanura, Gelora, PKN, Garuda, dan Ummat tidak memeroleh persentase. Selebihnya yang tidak tahu atau tidak menjawab 22 persen," jelas Edy dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (15/7).

Sementara hasil survei yang menunjukkan atribut partai paling banyak dilihat di luar rumah, Edy menyebut PDIP masih di posisi puncak dengan 59,7 persen. 

Diikuti Gerindra dengan 7,6 persen, Demokrat dengan 5,8 persen serta PKB dan Golkar masing-masing 5,2 persen dan 5,1 persen. 

"Hasil survei menunjukkan beberapa partai lainnya masih di bawah 5 persen, Nasdem 3,3 persen, PAN 2,6 persen, PKS 2 persen, Perindo dengan 1 persen, PSI 0,8 persen, PPP dengan 0,7 persen, Hanura dengan 0,2 persen, dan PBB 0,1 persen. Partai sisanya seperti Garuda, Gelora, Partai Buruh, PKN, dan Ummat tidak memeroleh prosentase. Selebihnya yang tidak tahu atau tidak menjawab 5,9 persen," pungkas Edy.

Sebagai informasi, SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 20 - 30 Juni 2023 di 31 Kecamatan Kota Surabaya. 

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. 

Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.