Terima Keluhan UMKM Kekurangan Modal, Hidayat: Akses Pembiayaan Dana Bergulir Harus Dipermudah

foto/RMOLJatim
foto/RMOLJatim

Anggota DPRD Jawa Timur Hidayat melakukan reses di kecamatan Bareng, kabupaten Jombang pada Sabtu (15/7/2023).


Kader Gerindra itu menerima sejumlah keluhan soal langkanya subsidi dan kurangnya perhatian pemerintah pada sektor UMKM sejak pandemic Covid 19.

Hidayat mengatakan, kelangkaan pupuk subsidi menjadi masalah bagi petani ketika mereka memasuki musim tanam.

Akibatnya, hasil pertanian mereka kurang optimal dan harganya menurun, karena tanaman tidak dipupuk secara memadai.

“Ada beberapa aspirasi pertama soal kelangkaan pupuk yang hari ini jadi masalah bagi petani terutama di kecamatan Wonosalam, Mojoagung dan Bareng. Dan itu menjadi masalah bagi petani,” katanya.

Dijelaskan dia, selain soal pupuk langka, masyarakat di daerah pariwisata seperti kecamatan Wonosalam juga kesulitan untuk mengembangkan usahanya karena minimnya modal.

Kondisi itu disebabkan karena mereka kesulitan mengakses dana Dagulir yang disiapkan Pemprov Jatim. Beberapa pelaku UMKM pun terpaksa harus berhutang ke rentenir dan Pinjol yang bunganya lebih tinggi, untuk menambah modal mereka.

“Di Wonosalam daerah wisata perhatian pemerintah kurang maksimal. Pasca pandemi banyak yang kesulitan modal dan mereka belum memahami kalau ada dana bergulir yang chanelnya di Bank Jatim dan Bank UMKM,” tambahnya.

Hidayat berharap agar bank Jatim dan bank UMKM maksimal sosilasasi dana bergulir. Sehingga, potensi daerah seperti pariwisata bisa dimanfaatkan dan bisa membangkitkan sektor UMKM yang ada di Jatim.

“Kita dorong bank Jatim dan UMK sosialisai dana bergulir, mempermudah syaratnya. Di tahun lalu kan banyak Dagulir yang tidak terpakai,” tambahnya.

Keluhan lain yang diutarakan warga adalah pembangunan infrastuktur jalan pertanian harus diperbanyak. Agar akses petani ke lahan lebih mudah.

“Jadi kalau jalan pertanian dibangun maka mereka mudah untuk mengakses hasil pertanian,” pungkasnya.

Dari pantauan, acara reses yang digelar Wakil Ketua DPD Gerindra Jatim itu berjalan sangat meriah. Ratusan masyarakat terlihat antusias dan mendengarkan penjelasan Hidayat, hingga acara usai. Ratusan warga pun mendoakan agar Hidayat terpilih kembali menjadi anggota DPRD Jatim pada periode 2024-2029 mendatang.