Indonesia Jadi Tuan Rumah Bola Voli SEA V League 2023 Asean

Ketua PBVSI, Imam Sudjarwo saat konferensi pers di Jakarta/Ist
Ketua PBVSI, Imam Sudjarwo saat konferensi pers di Jakarta/Ist

Empat negara ASEAN bakal berlaga di SEA V League Timnas Bola Voli Indonesia akan menjadi tuan rumah seri pertama SEA V League 2023 atau turnamen bola voli Asia Tenggara (ASEAN) di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Kabupaten Bogor, pada 21-23 Juli 2023.


Keempat peserta itu adalah Timnas Bola Voli Indonesia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Partisipasi Timnas Bola Voli Indonesia di SEA V League 2023 akan banyak dihuni oleh pevoli dari Jakarta LavAni Allo Bank yang menjadi juara di Proliga 2023.

"Kami akan menurunkan Timnas Bola Voli Indonesia yang didukung Jakarta LavAni Allo Bank sebagai pemenang Proliga musim lalu," ujar Ketua PBVSI, Imam Sudjarwo kepada Kantor Berita RMOLJatim, di Jakarta, Senin (17/7).

Pada putaran kedua, Filipina yang gantian bakal menjadi penyelenggara SEA V League pada 28-30 Juli 2023. Keikutsertaan Indonesia demi menambah pengalaman di kancah internasional.

"Dengan demikian, pengalaman internasional Timnas Bola Voli Indonesia akan makin bertambah," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Indosiar dan Direktur Grup Surya Citra Media (SCM) itu.

SEA V League akan disiarkan di Elang Mahkota Teknologi (Emtek) Group melalui Moji, Vidio, dan Nex Parabola. "Moji setia mendukung program yang dilakukan PBVSI untuk meningkatkan kualitas cabang olahraga dan para pemain bola voli di Indonesia," ungkap Direktur Moji, Hendy Lim.

"Terbukti pada AVC Challenge Cup for Men dan Women 2023, Timnas Bola Voli Indonesia menunjukkan kemampuannya dalam bersaing di level internasional. Moji sebagai televisi free-to-air berkomitmen memberikan penayangan olahraga terbaik," ujarnya

"Termasuk bola voli dengan ikut serta dalam penayangan dan juga bertindak sebagai pihak yang memproduksi tayangan ini, termasuk untuk pemirsa di luar negeri," sambungnya.

Sementara itu, Managing Director Vidio, Monika Rudijono, megungkapkan bahwa pihaknya bangga dapat menyiarkan SEA V League. Sebab, bola voli kian digemari masyarakat.

"Vidio senang dan merasa terhormat dapat dipercaya kembali untuk menayangkan pertandingan olahraga voli kelas internasional, seperti SEA V League. Kejuaraan ini akan semakin dinantikan oleh para penggemar bola voli," ucapnya.

"Para penggemar, terutama pendukung Timnas Bola Voli Indonesia, tidak perlu takut ketinggalan, karena Vidio akan menayangkan seluruh rangkaian pertandingan SEA V League yang dapat ditonton kapan saja dan d imana saja melalui aplikasi Vidio," tutupnya.

Selain nomor putra, Timnas Bola Voli Indonesia juga akan berkancah di SEA V League untuk nomor putri di Vietnam pada 4-6 Agustus 2023 untuk putaran pertama dan 11-13 Agustus 2023 buat putaran kedua di Thailand.