Dua Perahu Tabrakan di Pantai Gladak Tulungagung, Empat Korban Ditemukan Tim SAR Gabungan

Evakuasi korban
Evakuasi korban

Pencarian oleh tim SAR gabungan terhadap empat ABK hilang di Pantai Gladak Tulungagung memasuki hari kedua pada Rabu (09/08).


Empat ABK ini adalah korban dari kecelakaan dua kapal yang mengalami kecelakaan Tubrukan di Pantai Gladak Tulungagung pada Senin (07/08) malam. 

“Masing-masing perahu memuat empat orang ABK dimana dua ABK dari masing masing perahu ditemukan dalam keadaan selamat sehingga tim SAR gabungan lakukan pencarian terhadap empat orang lain yang dilaporkan hilang” jelas M. Hariyadi selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya yang sekaligus menjadi SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR ini.

Data ABK yang ditemukan selamat dari perahu Exel milik Hendy warga Trenggalek yakni Imam dan Rokhim. Sementara dua orang selamat dari perahu Wilwo milik Supar warga Trenggalek adalah Abu Siswoyo dan Aris. 

Pencarian dilakukan dengan penyisiran laut dan juga daratan di sekitar lokasi kejadian. Pada pencarian hari kedua ini, tim SAR gabungan menemukan seluruh korban. Dua korban atas nama Hendy Purnomo, ABK Perahu Exel, dan Mukono, ABK perahu Wilwo, sekitar pukul 11.30 WIB. Kurang lebih 1 jam kemudian korban ketiga ditemukan atas nama Kukuh yang merupakan ABK Perahu Exel. Selanjutnya sekitar pukul 13.20 WIB, korban terakhir ditemukan yakni Suparni yang merupakan ABK perahu Wilwo.

“Keempat korban ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi menuju Pantai Prigi untuk diserahkan ke pihak Keluarga Korban” terang Hariyadi.

Setelah ditemukannya seluruh korban, tim SAR gabungan menutup operasi SAR hari ini. Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos Pencarian dan Pertolongan Trenggalek, BPBD Tulungagung, 

DitPolAir Pos BKO Polres Trenggalek, Syahbandar Pantai Prigi, Pos TNI AL Pantai Popoh Tulungagung, Pos TNI AL Pantai Prigi Trenggalek, PSDKP Pantai Prigi Trenggalek, Paguyupan nelayan, BPBD Trenggalek, Polsek Tanggung Gunung Tulungagung, Koramil Tanggung Gunung Tulungagung, Resob Blitar, Damkar Tulungagung, BP 1303  Trenggalek, Orari Lokal Trenggalek, Rapi Lokal Watulimo, Damkar Kab. Trenggalek, Pemdes Tasikmadu, Dinas Sosial Trenggalek, Dinas Perikanan Trenggalek, Koramil Watulimo, Polsek Watulimo, dan nelayan sekitar.