Anies Jawaban Nyata Bagi Sebuah Harapan

Anies Baswedan/ net
Anies Baswedan/ net

Apalagi yang bisa diharapkan, apalagi yang bisa dipercaya, ditengah banyaknya pemimpin yang pencitraan dan penuh ketidak pastian ini? Tentu adalah sebuah kenyataan. Kenyataan dimana antara apa yang diucapkan dengan yang dikerjakan ternyata bersesuaian.

Inilah yang saya lihat pada sosok Anies Baswedan. Setidaknya saya mendapat kesan bahwa Anies adalah orang yang sangat terukur dalam berucap dan bertindak, sehingga apa yang dia ucapkan selalu bisa ia tunaikan. Jakarta menjadi saksi atas kenyataan yang diwujudkan oleh Anies.

Perjalanan Anies ke beberapa daerah, utamanya yang ke Jawa Timur, yang ia sebut sebagai perjalanan belanja masalah, adalah upaya serius bagaimana mewujudkan harapan. Anies turun ke masyarakat, berdialog dengan mereka, para petani, tokoh masyarakat, buruh, ojol, pelajar dan mahasiswa, ibu - ibu, Anies hanya ingin mendengar langsung apa yang dirasakan dan diharapkan.

Bahkan disela sela kesibukan kunjungannya, saya sempat meminta waktu untuk bertemu, dan Anies pun tak keberatan. Maka dicarilah waktu yang tepat dan nyaman, maka bersepakatlah kami bertemu dengannya di bandara menuju keberangkatan. Tak kurang selama 30 menit saya dan beberapa kawan pendeta dari Surabaya dan Sidoarjo berdiskusi untuk rencana rencana strategis bagi pemenangan Anies di Jatim. Anies begitu sangat tulus dan perhatian terhadap apa apa yang disampaikan oleh kawan kawan para pendeta, bahkan Anies berjanji akan menindak lanjuti dialog yang lebih besar bersama mereka. Janji Anies tentu bukan sekedar janji, dan inilah yang membuat mereka kawan kawan pendeta menaruh harapan besar kepada Anies, sebagaimana yang beliau lakukan di Jakarta, menjadikan Jakarta sebagai kota yang toleran.

Mereka juga rata rata menyampaikan situasi yang ada sebagaimana yang Anies sampaikan dihadapan publik, yaitu tentang mahalnya harga kebutuhan pokok, sulitnya mencari lapangan pekerjaan, akses pendidikan yang sulit beserta kualitasnya dan mahalnya biaya kesehatan. Inilah persoalan - persoalan dasar yang harus diselesaikan oleh Anies.

Pengalaman Anies mewujudkan janji janji politiknya di Jakarta, setidaknya akan membuatnya mudah untuk mewujudkan harapan masyarakat Indonesia. Rekam jejak Anies, adalah rekam jejak menjadikan nyata apa yang menjadi harapan rakyat Indonesia. 

Itulah makna perubahan yang saya dengar langsung dari beliaunya, dalam perbincangan selama 30 menit bersamanya.

Akankah kita tetap mau bertahan dengan situasi yang terjadi hari ini, dimana harga harga kebutuhan pokok yang mahal, susahnya mendapatkan pekerjaan, kalau toh ada, hanya diberikan kepada tenaga kerja asing, sulitnya mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas, kalau itu ada, maka berlaku hukum jual beli, ada uang ada barang, hal yang sama terjadi pada layanan kesehatan, semua seolah menjadi sangat kapitalistik dan feodal, jauh dari nilai nilai Pancasila yang  ber kemanusiaan dan berkeadilan. Tentu semua orang akan berharap semua ini akan berakhir. 

Lalu kepada siapakah harapan ini disemaikan? Kepada capres yang mempertahankan status quo dan melanjutkan kebijakan salah ini, tentu ini akan membuat  penderitaan berlanjut dan berkepanjangan. Visi perubahan dan berkelanjutan itulah yang ditawarkan Anies. Anies akan melakukan perubahan terhadap kebijakan yang memanjakan oligarki dan tak berpihak kepada rakyat dan tentu juga akan memberi nilai plus bagi hal hal baik yang ada supaya ada keberlanjutan. 

Jadi mau apa lagi, kalau bukan Anies Baswedan yang menjadi pilihan! 

Kolumnis dan Akademisi