Dukung Sekolah Sehat, Wali Kota Malang Ingin Wujudkan Generasi Hebat

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat berikan sambutan/Ist
Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji saat berikan sambutan/Ist

Dalam rangka mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemenristekdikti) RI berupaya mewujudkan anak Indonesia sehat, kuat, dan cerdas berkarakter.  


Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji mendukung sekolah sehat, karena ingin mewujudkan generasi yang hebat. 

"Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat harus terpenuhi untuk mendukung anak-anak bisa merdeka dalam belajar," ujarnya saat menghadiri Gelar Wicara Kampanye Sekolah Sehat (KKS) Wujudkan Generasi Hebat di salah satu SDN Kota Malang, Jumat (18/8).

Ia juga menuturkan, bahwa kesehatan merupakan perilaku yang harus ditanamkan sejak usia dini terhadap anak-anak. 

"Edukasi tentang kesehatan juga perlu diberikan sejak masa kanak-kanak. Jadi, tidak bisa instan dan butuh proses,” terangnya. 

Masih kata H. Sutiaji, kebersihan akan mendukung tercapainya kesehatan. Maka, pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak, tentu dibutuhkan sinergi berbagai pihak.

"Peran orang tua begitu penting. Harus ada dukungan dari orang tua, tidak hanya di sekolah. Inilah salah satu langka kolaboratif," tandasnya. 

"Semoga anak-anak juga bisa mengingatkan anggota keluarga lain untuk hidup sehat. Selain itu, juga dibutuhkan dukungan lingkungan. Maka saya minta, masyarakat sekitar juga diajak. Ini sekolah sehat, berarti lingkungan juga harus sehat,” imbuhnya. 

Sementara itu Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur, Sujarno, M.Pd yang turut hadir dalam kegiatan ini mengungkapkan, bahwa kampanye sekolah sehat memiliki tiga fokus utama dalam kampanye sekolah sehat (3S), yaitu Sehat bergizi, Sehat fisik, dan Sehat imunisasi.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi untuk saling berbagi dan menginspirasi untuk bersama-sama berupaya lebih baik untuk membentuk anak Indonesia yang sehat, cerdas, dan berkarakter,” pungkasnya.[adv]