Momen KSAD Dudung Abdurachman Jadi Warga Kehormatan Masyarakat Osing Banyuwangi

 KSAD Dudung Abdurachman menjadi warga kehormatan Osing Banyuwangi/Humas Pemkab Bwi
KSAD Dudung Abdurachman menjadi warga kehormatan Osing Banyuwangi/Humas Pemkab Bwi

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dikukuhkan menjadi Warga Kehormatan Masyarakat Osing Banyuwangi. Pemberian gelar sebagai warga kehormatan tersebut dilakukan tokoh Masyarakat Osing Hasan Basri di Banyuwangi, Rabu (23/8/2023).


Prosesi pemberian gelar sebagai warga kehormatan tersebut dilakukan dengan memberikan udeng atau penutup kepala khas Masyarakat Osing. Jendral Dudung juga mendapatkan piagam yang berisi Maklumat Pengukuhan sebagai Warga Kehormatan.

Usai dinobatkan sebagai warga kehormatan, Jenderal Dudung menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada seluruh Masyarakat Osing Banyuwangi yang telah memberikan kepercayaan tersebut kepadanya. Menyandang status sebagai warga kehormatan, dia menyadari ada konsekuensi yang harus diembannya.

“Ini adalah anugrah yang kami terima, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Pada tanda kehormatan ini sendiri ada kriteria-kriteria yang harus kami jaga,” kata dia, dikutip Kamis (24/8).

Dalam Maklumat Pengukuhan Masyarakat Kehormatan yang sebelumnya dibacakan, terdapat empat kriteria yang menjadi karakter khas Masyarakat Osing. Yaitu patriotis, terbuka, egaliter (kesetaraan) dan mencintai (menguri-uri) warisan leluhur.

Jenderal Dudung mengatakan dengan penobatannya sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Osing maka kini TNI Angkatan Darat juga ikut menjadi bagian dari Masyarakat Osing. Semua pun diajak terlibat untuk ikut menjaga martabat dan nama baik Masyarakat Osing Banyuwangi.

“Juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, prajurit harus lebih dekat rakyat dan ikut mendukung pembangunan di daerah. Kabarkan juga kemajuan di Banyuwangi supaya bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain,” kata Jendral Dudung.

Pada kesempatan tersebut istri KSAD Dudung juga turut dinobatkan sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Osing yang ditandai dengan pemasangan selendang batik khas Banyuwangi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Maklumat Pengukuhan sebagai Warga Kehormatan Sementara itu dibacakan oleh Tokoh Masyarakat Osing sekaligus Ketua Dewan Kesenian Blambangan Hasan Basri.

“Kami percaya Jenderal Dudung akan bisa menjaga nama baik Banyuwangi, khususnya masyarakat Osing, dan membawa kebaikan untuk kita semua,” kata Hasan Basri.

Sementara itu, Bupati Ipuk mengapresiasi Jenderal Dudung atas perhatiannya kepada masyarakat adat Osing di Banyuwangi. Ia berharap hal tersebut dapat semakin meningkatkan kecintaan orang nomor satu di TNI Angkatan Darat itu untuk terus bersama membangun Banyuwangi.

“Semoga ini semakin menegaskan kecintaan Jenderal Dudung untuk masyarakat Banyuwangi. Di manapun berada,” pungkasnya.    

Sementara itu penobatan warga kehormatan Masyarakat Osing sendiri telah dilakukan kepada sejumlah tokoh nasional di antaranya Wakil Presiden ke-12 Jusuf Kalla, Dahlan Iskan hingga Saifullah Yusuf.[ADV]