Zoom Luncurkan Fitur "Notes" untuk Edit Teks Bersama Selama Rapat Virtual, Begini Caranya

Tampilan Zoom Notes/Net
Tampilan Zoom Notes/Net

Agar pengguna dapat berbagi dan mengedit sebuah dokumen atau teks secara bersamaan, aplikasi video komunikasi Zoom meluncurkan fitur baru bernama "Notes".


Menurut Kepala Perusahaan Zoom, Darin Brown, fitur tersebut dibuat agar pengguna tetap berada di ruangan dan tidak harus beralih ke aplikasi lainnya selama rapat.

"Zoom Notes memungkinkan pengguna membagikan catatan mereka dalam rapat virtual dan pengguna lain dalam room juga dapat mengeditnya dalam waktu bersamaan," ungkap laporan tersebut, seperti dimuat Gadgets Now pada Minggu (3/9).

Notes bisa digunakan pengguna sebelum, selama dan setelah pertemuan virtual.

Untuk penggunaan sebelum rapat, pengguna dapat membuat catatan atau agenda, dan membagikannya kepada peserta sebelum rapat.

Selama rapat, pengguna dapat berbagi catatan dengan orang lain sehingga mereka dapat berkolaborasi dan mengedit catatan selama rapat.

Setelah rapat berakhir, pengguna dapat membagikan hasil catatan tersebut kepada siapapun dan ke aplikasi manapun.

Letak fitur Notes terdapat pada bilah navigasi. Zoom Notes menawarkan editor dengan opsi pemformatan, termasuk font, gaya, poin, warna, dan banyak lagi.  

Pengguna juga dapat menambahkan gambar dan tautan ke Catatan mereka dan kontennya secara otomatis disimpan secara berkala.

Setelah diluncurkan, Zoom Notes baru bisa digunakan secara umum tanpa biaya tambahan dalam beberapa minggu mendatang.