Truk Bermuatan Belerang Terbakar di Tol Manyar Gresik

Truk bermuatan belerang yang terbakar di kawasan exit Tol Manyar KM 20/RMOLJatim
Truk bermuatan belerang yang terbakar di kawasan exit Tol Manyar KM 20/RMOLJatim

Sebuah truk bermuatan belerang yang tengah melaju di kawasan exit Tol Manyar KM 20, Desa Manyar Rejo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, terbakar.


Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik, AH. Sinaga, awal mula terjadinya kebakaran pada kendaraan truk bermuatan belerang itu, diketahui oleh sang sopir yang melihat kobaran api dalam muatannya.

"Setelah melewati exit tol Manyar, Pak Rio selaku sopir truk mengetahui muatannya terbakar dengan nyala api cukup besar. Mencoba untuk memadamkan sendiri, tapi tidak berhasil. Sehingga, menghubungi petugas kami untuk meminta bantuan," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (8/9).

Sinaga menambahkan, bahwa berdasarkan pengakuan sopir truk muatannya memang biasanya sering terbakar tapi bisa dipadamkan sendiri. Namun, saat itu tidak diketahui kenapa api tiba-tiba besar dan tidak dapat diatasi sendiri oleh sopir.

"Beruntung petugas kami yang selalu siap dan sigap setiap saat ada laporan, langsung meluncur ke lokasi kejadian sehingga tidak butuh waktu lama api bisa dipadamkan," tuturnya. 

"Pada saat proses pemadaman, petugas kami dibantu kendaraan derek dari Tol Manyar untuk mengurangi muatan yang terbakar dalam bak truk. Serta, melakukan pembasahan pada muatan yang diturunkan agar tidak membahayakan dan mencegah timbulnya api," tandasnya. 

Selama bulan September ini, lanjutnya, total sudah terjadi peristiwa kebakaran sebanyak 29 kali yang didominasi kebakaran pada lahan kering. 

"Untuk itu kami himbau masyarakat untuk selalu waspada dan langsung melaporkan ke kami jika ada peristiwa kebakaran maupun hal yang membutuhan pertolongan rescue," pungkas Sinaga.