Gelar Festival Musik Millenial "Mboten Korupsi Mboten Ngapusi 2023" Sambut Hari Anti Korupsi Sedunia, berhadiah Rp30 juta

Teks foto: Yosie bersama musisi yang tergabung dalam Fami/RMOLJatim
Teks foto: Yosie bersama musisi yang tergabung dalam Fami/RMOLJatim

Menyambut Hari Anti Korupsi Sedunia, KOLEGA dan FAMI menggelar Festival Musik Millenial “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” 2023.  


Menariknya, festival yang diselenggarakan oleh KOLEGA atau  Komunitas Milenial Ganjar bekerja sama dengan Forum Artis Musik Indonesia (FAMI) ini, berhadiah total Rp30 juta.

Menurut Ketua panitia FAMI Yosie, festival Musik Millenial “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” 2023 ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 Sebab, Indonesia saat ini dalam kondisi darurat korupsi.

"Maraknya para koruptor yang telah tertangkap dan diadili serta dihukum berat, ternyata tidak membuat jera perilaku korupsi di sekitar kita, khususnya para koruptor," kata Yosie dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (10/9).

Dijelaskan Yosie festival musik ini mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya kaum muda agar semakin aktif dan lantang menyuarakan anti korupsi, juga sadar akan bahaya dan menyatakan perang terhadap korupsi.

Selain itu, lanjut Yosie festival musik ini menjadi ajang kompetisi bagi para musisi berbakat di seluruh Indonesia unjuk kepiawaian. 

Sekaligus menyuarakan sikap anti korupsi dengan slogan “Mboten Korupsi Mboten Ngapusi” melalui lagu.

Slogan itu, menurut Yosie mengandung sarat makna, yakni agar para penyelenggara negara tidak korupsi dan tidak berbohong kepada seluruh rakyat Indonesia.

Yosie Fitria saat konferensi pers didampingi ketua KOLEGA Billy Handiwiyanto.SH.,M.H yang juga advokat tersebut kembali menambahkan bahwa festival musik ini bertujuan menjaring para peserta berbakat di seluruh Indonesia. Kemudian melalui pemilihan secara digital akan dipilih 10 band terbaik untuk tampil di JTV di babak final pada bulan November 2023. 

Selanjutnya, Dewan juri akan menentukan juara festival tersebut yaitu juara 1, juara 2, juara 3, juara favorit dan the best player. Dengan total hadiah festival musik ini mencapai sebesar Rp30 juta.

Menariknya, dalam festival ini akan dimeriahkan sejumlah penyanyi dan musisi Legendaris Surabaya. Diantaranya Hendrix Sanada, lan Hay, Didieth Sakhsana, Jackie, Yoyok BM, Anyong Anton, Denny d'king, Erwin Mohay, Oi Sasranegara dan Erwin VRI.

Nah untuk mengikuti Festival Musik Mboten Korupsi Mboten Ngapusi ini, berikut syarat dan ketentuannya.

1. Babak penyisihan : Membawakan 1 lagu wajib. 

2. Babak Final : Membawakan 1 lagu wajib dan 1 lagu bebas / lagu ciptaan sendiri. 

3. Lagu wajib boleh di aransemen sendiri. 

4. Babak penyisihan : 

- Membawakan 1 lagu wajib yang direkam dalam bentuk Video musik (format MP4) berisi : persiapan alat, perkenalan diri (nama band dan identitas para personel), membawakan lagu wajib, sebagai penutup menyuarakan yel-yel "Festival Musik Milenial 2023 MBOTEN KORUPSI MBOTEN NGAPUSI". 

- Video musik tersebut berupa live performance, no Dubbing. 

- Diupload di youtube channel milik Band peserta dengan format judul : "Judul lagu wajib-Nama Band (Festival Musik Milenial 2023 MBOTEN KORUPSI MBOTEN NGAPUSI) 

- Video yang diupload dalam babak penyisihan ini adalah sepenuhnya mutlak menjadi hak dari penyelenggara festival band ini. 

- Batas akhir upload video : tanggal 25 Oktober 2023. 

5. Babak Final : 10 peserta yang terpilih membawakan secara live di panggung :1 lagu wajib dan 1 lagu bebas / lagu ciptaan sendiri. Segala penampilan para peserta yang didokumentasikan dalam bentuk foto maupun audio visual (musik dan video) dalam babak final ini adalah sepenuhnya mutlak menjadi hak dari penyelenggara festival band ini. 

6. Kriteria penilaian meliputi : skill, aransemen, kekompakan. harmonisasi, kualitas suara, musikalitas, penampilan, kreatifitas, keunikan, dan lain sejenisnya. 

7. Segala keputusan dewan juri dalam Festival Musik Milenial 2023 ini tidak dapat diganggu gugat.