Angka Pengangguran Terbuka Tinggi, Job Fair Bondowoso 2023 Tak Cukup Akomodir

Peserta job fair 2023 di Bondowoso/RMOLJatim
Peserta job fair 2023 di Bondowoso/RMOLJatim

Setelah sempat absen karena pandemi Covid-19 lalu, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso kembali menggelar Job Fair 2023 di Balai Latihan Kerja (BLK), Rabu (14/9). 


Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pengangguran terbuka di kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tahun 2022 mencapai 20.533 jiwa, belum termasuk angkatan yang terbaru 2023.

Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat menjelaskan job fair saja tidak cukup bagi pemkab Bondowoso untuk mengakomodasi angka pengangguran terbuka tersebut. 

Dimana setiap tahunnya, dibuka tak lebih dari 1000 loker yang tentunya membutuhkan puluhan tahun mengakomodasi angka pengangguran yang saat ini ada. 

"Kita harus membuka iklim investasi, agar bisa lebih banyak menyerap tenaga kerja," ujarnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim

Wabup Irwan menyebut, pihaknya harus mempermudah segala bentuk investasi yang akan masuk ke Bondowoso agar semakin banyak tenaga kerja yang terserap. 

"Alhamdulillah sudah mulai ada mall KDS, PT Phokphand dan lainnya," terangnya. 

Kepala DPMPTSP dan Ketenagakerjaan Bondowoso, Nunung Setianingsih menjelaskan, total ada 36 perusahaan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dari jumlah tersebut total ada 1.350 lowongan atau formasi. Mulai bidang perbankan, kesehatan, perhotelan, pertokoan dan sejumlah bidang lainnya.

Sementara jumlah pelamar yang mendaftar online per pukul 00.00 kemarin sekitar 1.134 orang, ditambah yang hadir langsung ke lokasi. 

"Targetnya kita kemarin hanya 750-an. Ternyata banyak," jelas dia saat dikonfirmasi.

Menurutnya, job fair seperti ini untuk mempertemukan langsung pencari kerja dan perusahaan.

Dia berharap dengan job fair ini angka pengangguran di Bondowoso bisa berkurang.

"Termasuk menekan kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan," pungkasnya.