Pengurus Persani Baru Siap Berikan Prestasi Dunia Senam di Olimpiade 2024

Pelantikan pengurus Persani masa bhakti 2023-2027 di Kantor KONI Pusat Senayan Jakarta/Ist
Pelantikan pengurus Persani masa bhakti 2023-2027 di Kantor KONI Pusat Senayan Jakarta/Ist

Ketua Umum KONI Pusat Letjend (Purn) Marciano Norman minta agar PB Persatuan Senam Indonesia (Persani) menyiapkan atletnya untuk bisa terus eksis berprestasi di ajang multievent seperti SEA Games, Asian Games, dan Olimpiade.


Pasalnya menurut Marciano di Cabor ini banyak nomor yang dipertandingkan. Sehingga para atlet mempunyai peluang besar meraih banyak medali emas. 

Demikian ditegaskan Marciano saat melantik kepengurusan baru PB Persatuan Senam Indonesia (Persani) di kantor KONI Pusat, Jakarta, Jumat (15/9).

Ita Yuliati dipercaya memimpin induk organisasi senam Indonesia itu untuk kedua kalinya periode 2023-2027.

"Saya yakin dengan pola pembinaan yang diterapkan Persani, atletnya akan bermunculan baik dari pembinaan di Nasional dan Internasional. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan bimbingan kepada kita membangun prestasi olah raga Perasani khusus nya di Indonesia," kata Marciano.

Lebih lanjut Marciano menjelaskan melalui sistem pembinaan atlet Indonesia dari tingkat bawah sampai atas akan lahir bintang senam yang baru di masa mendatang.

"Semoga atlet senam Indonesia bisa lolos ke Olimpiade Paris dan di Olimpiade 2028 Indonesia bisa mengirimkan lebih dari satu atlet," jelas Marciano.

Di tempat yang sama Ketua Umum Persani, Ita Yuliati menegaskan, Pengurus Persani yang baru ini siap membawa Persani Indonesia berprestasi dan siap mengikutsertaan pada SEA Games, Asian Games dan Olimpiade.

"Dengan penataan organisasi yang lebih baik, saya yakin Persani akan memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa Indonesia," katanya.

Kepengurusan saat ini berbeda dibanding periode sebelumnya.

"Dimana ada yang khusus yang menangani bidang sport science.menangani di bidang mental, teknik dan prestasi," jelas Ita.

Salah satu nama yang masuk di level jajaran pengurus inti PB Persani adalah Aang Sunadji yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum.

Sementara itu, Ita juga membentuk pengurus yang khusus menangani pembinaan senam di sejumlah wilayah sentra prestasi. Seperti Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Maluku, Sulawesi dan Papua.

"Kami harap gymanstic perkembangannya lebih luas lagi. Kami mendorong semua provinsi, kabupaten, kota segera membentuk kepengurusan karena atlet ada disana," imbuhnya.

Ita juga berharap salah satu atlet senam andalan Indonesia, Rifda Irfanalutfhi bisa meraih prestasi di kejuaraan dunia senam sehingga bisa menembus Olimpiade Paris 2024.

"Semoga Rifda bisa lolos ke olimpiade. Kami masih banyak PR karena kami ada pembibitan yang lebih banyak lagi," tutup Ita.