Sanksi Perdagangan Baru Uni Eropa, Semua Mobil Rusia Dilarang Lewati Perbatasan Polandia

Perbatasan Polandia dan Rusia/Net
Perbatasan Polandia dan Rusia/Net

Semua mobil dengan registrasi Rusia dilarang menyeberang di perbatasan Polandia. Hal ini menyusul penerapan sanksi perdagangan baru Uni Eropa.


Mulai Sabtu tengah malam (16/9), tidak ada mobil yang terdaftar di Rusia yang diizinkan masuk ke wilayah Polandia.

"Truk-truk Rusia sudah terkena larangan ini. Sekarang kami sedang menutup masalah ini. Tidak ada mobil Rusia yang akan memasuki Polandia," kata Menteri Dalam Negeri Mariusz Kaminski pada konferensi pers di perbatasan dengan Belarus di Terespol.

Keputusan tersebut menyusul langkah serupa yang diambil dalam beberapa hari terakhir oleh Finlandia dan negara-negara Baltik seperti Estonia, Latvia, dan Lituania.

Langkah itu dibuat setelah Uni Eropa memperbarui sanksi perdagangan terhadap Rusia pada 8 September yang melarang masuknya mobil.

Polandia berbagi perbatasan sepanjang 232 kilometer dengan eksklave Kaliningrad Rusia di Laut Baltik, serta perbatasan hampir 400 kilometer (250 mil) dengan Belarus, salah satu sekutu utama Moskow.

Negara-negara Uni Eropa telah memperketat dan meningkatkan sanksi perdagangan terhadap Rusia setelah invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, memperkuat pembatasan yang diberlakukan setelah aneksasi Krimea oleh Moskow pada tahun 2014.