Baksos Kapal RS Apung Laksamana Malahayati di Jatim, Said Abdullah: Agar Kita Kembali Melihat Lautan

Kapal Laksamana Malahayati
Kapal Laksamana Malahayati

Rumah Sakit (RS) Apung Laksamana Malahayati berlabuh di pesisir Kota Surabaya dan menggelar layanan kesehatan gratis, Jumat (22/9)


Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, MH Said Abdullah, kedatangan kapal rumah sakit berwarna merah di Kota Pahlawan sebagai rangkaian kegiatan kemanusiaan yang dilakukan partainya sejak kapal diluncurkan pada pertengahan Juni lalu. 

Ketua Banggar DPR RI ini menjelaskan, misi utama kapal Rumah Sakit Apung Laksamana Malahayati, adalah memberikan layanan kesehatan gratis kepada rakyat Indonesia, khususnya yang tinggal di kawasan pesisir dan pulau-pulau terpencil. 

"Dari lautan, kami PDI Perjuangan melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan, memberikan pelayanan kesehatan gratis," kata Said Abdullah. 

Ketua Banggar DPR RI tersebut menambahkan, hal itu sebagai upaya menerjemahkan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk mengingatkan dan mengajak segenap elemen bangsa untuk kembali meramaikan aktivitas berbasis kelautan. 

"Karena sejatinya negara kita adalah negara maritim. Seperti dikatakan Bung Karno, negara kita adalah lautan yang bertabur pulau-pulau. Ada 17 ribuan pulau, dengan garis pantai terpanjang di dunia," kata Said. 

Selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo, lanjut dia, penguatan sektor kelautan terus dilakukan. Mulai dari pemberantasan illegal fishing, pertahanan dan keamanan, penguatan budaya bahari dan berbagai bantuan untuk nelayan. 

"Pertumbuhan produk domestik bruto perikanan di atas rata-rata PDB Nasional," katanya. 

Sementara itu, Koordinator Kapal RS Apung Laksamana Malahayati, Laksamana Madya TNI (purn) Agus Setiadji menyampaikan, kapal direncanakan sandar selama 3 hari di Surabaya. 

Tim medis kapal rumah sakit akan melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis di dua tempat, yakni di Bulak Bandarejo pada hari ini dan di Taman Suroboyo  Sabtu besok.  

"Setelah pelayanan dua hari, kita akan mengajak perwakilan masyarakat berwisata bahari naik RS Apung, keliling ke pulau yang terdekat, namun dengan jumlah terbatas karena kapasitas kapal hanya 100 orang," katanya. 

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, kapal RS Laksamana Malahayati bersandar dan menggelar pengobatan gratis di Lamongan dan Gresik. 

Dari Surabaya, kapal akan melanjutkan misi kemanusiaan di sejumlah tempat di Jawa Timur. Untuk kemudian mengarungi lautan nusantara dengan misi serupa.

Pihak DPD PDIP Jatim dan DPC sejumlah kabupaten/kota yang disinggahi kapal RS Laksamana Malahayati, turut  bergotong-royong dalam kegiatan bakti sosial pengobatan gratis. 

Seperti memperbantukan sejumlah tenaga medis untuk membantu percepatan layanan, hingga memberikan bantuan bahan makanan untuk masyarakat yang memanfaatkan pengobatan gratis tersebut.