Pidato Pertama sebagai Ketum PSI, Kaesang Grogi

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep/Repro
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep/Repro

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep didapuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Saat menyampaikan pidato perdananya, dia mengaku grogi.


"Saya deg-degan," ujar Kaesang usai mengucapkan salam kepada elite-elite dan kader-kader PSI yang hadir di The Djakarta Theatre, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (25/9).

Dalam momentum itu, dia mengucapkan rasa syukur telah diberikan amanat sebagai Ketum PSI, meski dirinya baru beberapa hari lalu mendapat kartu tanda anggota (KTA) partai.

Kaesang juga mengajak semua kader dan elite PSI untuk bersiap-siap menghadapi Pemilu Serentak 2024, baik pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan legislatif (Pileg).

Guna membakar semangat kader PSI, Kaesang bahkan menggunakan baju bermotif kotak-kotak yang dipakai Jokowi saat memenangkan Pilkada DKI Jakarta tahun 2012 dan Pilpres 2014. 

"Kepada para relawan Pak Jokowi, pasti ingat kan dengan pakaian kotak-kotak yang saya pakai ini? Pakaian yang menjadi simbol banyak hal, simbol lahirnya gerakan relawan dalam peta politik Indonesia. Simbol persatuan antara kelas sosial. Sederhana tapi menyatukan, penuh warna tanda riang gembira," katanya.

"Harapan saya, untuk relawan yang hadir bisa merasakan kegembiraan yang saya rasakan di PSI bersama-sama," tutup Kaesang.