Redam Krisis Air, Warga Bojonegoro dapat bantuan Air Bersih

Penyaluran air bersih
Penyaluran air bersih

Sukarelawan Kyai Muda Jawa Timur (Jatim) pendukung Ganjar mencoba menghadirkan solusi atas permasalahan krisis air yang dihadapi warga Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jatim. 


Pada Senin (25/9), loyalis Ganjar Pranowo ini melakukan pembangunan sumur bor sekaligus memberikan ribuan liter air bersih gratis untuk warga Desa Butoh memenuhi kebutuhan airnya. 

Bantuan ini merupakan wujud kepedulian relawan Kyai Muda terhadap permasalahan-permasalahan yang dialami warga di Jawa Timur. 

Koordinator Wilayah Kyai Muda Jatim, Ali Baidlowi mengatakan, bantuan ini diberikan untuk membantu warga desa yang tengah menghadapi krisis air imbas kemarau berkepanjangan. 

"Hari ini kami melakukan pengeboran sumur untuk warga, yang saat ini sedang kekeringan. Sudah bertahun-tahun mereka mengalami ini. Jadi, kami inisiatif buatkan sumur bor, sehingga nanti kalau mereka ambil air tidak jauh dari (rumah) mereka," ujar Ali. 

Ali menjelaskan, krisis air menjadi masalah menahun bagi warga desa. Pada tahun ini, Ali menyebut kekeringan telah berlangsung selama enam bulan terakhir 

Akibat kesulitan air ini, warga desa harus pergi cukup jauh untuk mengambil air di wilayah lain. Sementara sebagian lainnya terpaksa harus mengeluarkan uang lebih untuk sekadar membeli air bersih. 

"Dua hari sekali pasti mereka membeli air. Waktunya mereka terbuang untuk cari air. Setiap tahun, sekitar 4 hingga 5 bulan itu waktu mereka tidak bisa dipakai bekerja, mereka kerja ternak hanya sampingan, pekerjaan mereka hanya cari air," jelas Ali. 

Dengan bantuan ini, nantinya warga dapat memenuhi kebutuhan air secara gratis untuk keperluan mandi, cuci, dan memasak, hingga untuk minum ternak mereka. Sehingga uang yang biasanya dipergunakan untuk membeli air dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan pokok lainnya. 

"Kalau sumurnya sudah jadi insyaallah bisa berjalan lancar dan bisa digunakan bertahun-tahun. Sekitar 400 KK di Desa Butoh ini insyaallah akan menerima manfaat dari sumber air dan bantuan air yang kami berikan," sebutnya. 

Relawan ini pun akan terus memantau proses pembangun sumur hingga bisa digunakan sepenuhnya oleh warga desa. Dalam proses pembangunannya, Kyai Muda juga mengajak warga desa untuk melakukan doa bersama untuk kelancaran dan kebermanfaatan sumur tersebut. 

"Kami lihat dari Pak Ganjar sendiri, sangat supel, perhatian pada rakyat. Kebutuhan dari rakyat apa, Pak Ganjar bisa memberikan solusi yang terbaik. Kami terinspirasi dari itu, kita coba berikan manfaat kepada rakyat bagaimana kondisinya, kita berikan bantuan air," pungkasnya.