Kapolda Jateng Bangun Monumen Jenderal Hoegeng di Pekalongan, Ini Alasannya

Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Lutfi, meletakkan batu pertama proyek pembangunan monumen Jenderal Hoegeng, Kota Pekalongan, Selasa (26/9)/RMOLJateng
Kapolda Jateng, Irjen Ahmad Lutfi, meletakkan batu pertama proyek pembangunan monumen Jenderal Hoegeng, Kota Pekalongan, Selasa (26/9)/RMOLJateng

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfi, meletakkan batu pertama proyek pembangunan monumen Jenderal Hoegeng. Monumen itu nantinya berdiri di depan pintu masuk utama Stadion Hoegeng, Kota Pekalongan. 


"Saya mempunyai gagasan dan ini merupakan suatu kulminasi penghargaan kita kepada Jenderal Hoegeng," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Selasa (26/9).

Ia menyebut Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso yang merupakan Kapolri ke-5 RI, dikenal sebagai polisi paling berani dan jujur di Indonesia oleh media dan masyarakat.

Irjen Ahmad Lutfi berharap, saat masyarakat mendatangi Kota Pekalongan, tidak hanya ingat batik saja. Namun, juga ingat ada sosok Jenderal Hoegeng.

"Integritas Jenderal Hoegeng tidak hanya bisa dicontoh oleh para polisi tapi juga pejabat-pejabat umum lainnya," katanya.

Kapolda juga ingin para polisi saat ini meniru mindset Jenderal Hoegeng. Sehingga suatu saat bisa muncul sosok Hoegeng-Hoegeng lainnya.

Monumen Hoegeng itu diperkirakan selesai dibangun pada 11 November 2023. Masyarakat nantinya bisa menikmati Monumen Hoegeng di kompleks Stadion Hoegeng.