Lewat Workshop Media Sosial Berbasis AI, AirNav Indonesia Dukung Kementrian BUMN Dorong Komunikasi Digital

Juru bicara kementrian BUMN, Putri Viola saat memberikan penjelasan/ ist
Juru bicara kementrian BUMN, Putri Viola saat memberikan penjelasan/ ist

Artificial Intelligence atau AI menjadi masif digunakan di Indonesia. Bahkan, influencer hingga PIC komunikasi,  berlomba-lomba untuk memperdalam penggunaan AI secara maksimal 


Melihat perkembangan tersebut AirNav mencoba memberi pemahaman kepada khalayak untuk mendapatkan ilmu dari teknologi AI.

Corporate Secretary AirNav Indonesia Hermana Soegijantoro menyebut jika komunikasi efektif di era keterbukaan informasi sangatlah penting. 

Menurutnya, upaya memperkuat peran komunikasi dalam tata kelola korporasi yang transparan dan berorientasi pada kepentingan publik dinilai penting.

Maka dari itu,  AirNav menyelenggarakan workshop komunikasi bertemakan Komunikasi Melalui Media Sosial dengan Optimasi AI di Palm Park Hotel Kota Surabaya yang diikuti ratusan influencer hingga petinggi perusahaan yang dilibatkan.

"Kegiatan ini dihadiri 125 peserta, terdiri dari para PIC Komunikasi, influencer, BUMN, dan pimpinan regional dari berbagai wilayah antara lain Jatim 112 peserta Jakarta 12 peserta, dan Jabar 1 peserta," ujarnya Rabu, 30 April 2025.

Hermana mengunakan, jika workshop ini merupakan langkah strategis dalam mengakselerasi digitalisasi komunikasi yang inklusif dan akuntabel.

Ia juga menekankan penguatan kapasitas lewat materi dan praktik lapangan, serta melibatkan para pakar komunikasi digital dan teknologi di Indonesia.

Salah satu peserta yakni dari PT Petrokimia Gresik. Kunjungan itu menjadi bagian dari praktik langsung peliputan, produksi konten, dan storytelling berbasis lapangan, dan sebagai bentuk sinergi antara komunikasi digital dan dampak nyata BUMN bagi masyarakat.

"Praktik ini memperkuat kemampuan peserta dalam menyampaikan pesan strategis, mulai dari unit operasional dan pelaksana teknis yang selama ini menjadi sumber utama narasi keberhasilan di tengah masyarakat," sambungnya. 

Senada juga dikatakan juru bicara kementerian BUMN, Putri Viola. Ia menyebut peran komunikasi untuk rakyat dan asta cita penguatan fungsi komunikasi tidak hanya penting untuk tata kelola internal.

"Tetapi juga berperan besar dalam menyampaikan program, manfaat, dan keberpihakan BUMN kepada masyarakat luas. Ini sejalan dengan Asta Cita, yakni visi pembangunan nasional yang diusung pemerintah Indonesia," ujarnya.

Putri Viola juga menerangkan, jika komunikasi yang transparan dan partisipatif menjadi instrumen penting dalam menjaga kepercayaan rakyat terhadap BUMN dan juga AirNav Indonesia. 

"Serta menjamin bahwa setiap kebijakan dan peran BUMN dapat dipahami, diterima, dan diawasi oleh masyarakat. Kami berkomitmen dalam memperkuat kapasitas komunikasi digital insan kehumasan. Pemanfaat teknologi berbasis AI serta praktik langsung di lapangan diharapkan mampu mendorong inovasi, meningkatkan keterlibatan publik, dan membangun citra positif perusahaan di era komunikasi digital yang terus berkembang," tuturnya.

ikuti terus update berita rmoljatim di google news