Peringati Hari Sumpah Pemuda, OPSHID Bangkalan Beri Bantuan 1 Unit Rumah

Sri Hidayati janda empat anak 25 tahun tinggal di rumah kontrakan/Ist
Sri Hidayati janda empat anak 25 tahun tinggal di rumah kontrakan/Ist

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah (OPSHID) Bangkalan, membangun satu unit Rumah Syukur Layak Huni Shiddiqiyyah (RSLHS) yang akan diberikan kepada Sri Hidayati, warga Desa Campor, Kecamatan Geger.


Pegerjaan RSLHS di Desa Campor dibangun di atas tanah berukuran 6x12 meter persegi, milik Sri Hidayati, tanah peninggalan orangtuanya yang terletak di Dusun Pocong.

Sebelum pembangunan dimulai, didahului survey lapangan yang melibatkan tim panitia pembangunan. Survey dilakukan bertujuan memastikan bahwa penerima sesuai ketentuan kelayakan sebagai penerima bantuan RSLHS.

Lebih dari 25 tahun, Sri Hidayati dan 4 orang anaknya tinggal bersama di rumah kontrakan. Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, Sri Hidayati berjualan jajanan.

Dia menggelar dagangannya di halaman sekolah, tak jarang harus berkeliling kampung menjajakan jajanan olahannya. Abdus Syukur, suaminya sudah lama meninggal.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada yang telah membantu memberi saya rumah. Semoga panjang usia, mudah rezeki," ucap Sri Hidayati saat ditemui Kantor Berita RMOLJatim, Senin (2/10/2023).

Ketua DPD OPSHID Bangkalan, Mustofa, menjelaskan, RSLHS merupakan program bantuan dari OPSHID yang diperuntukkan bagi warga miskin dan janda.

Bantuan RSLHS dilaksanakan dalam rangka mensyukuri hari Sumpah Pemuda dan lahirnya lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kata dia, dana pembangunan RSLHS bersumber dari sumbangan para anggota OPSHID. Bantuan juga datang dari masyarakat umum, seperti dilakukan warga Desa Campor yang menyumbang berupa bahan bangunan, semen 10 sak.

Mustofa menuturkan, pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun ini. OPSHID membangun Rumah Syukur Layak Huni Shiddiqiyyah sebanyak 65 unit yang tersebar di daerah seluruh Indonesia.

"Atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. OPSHID Bangkalan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini akan menyerahkan bantuan berupa RSLHS untuk Ibu Sri Hidayati," ujar Mustofa, yang juga penanggungjawab panitia pembangunan.

"Rencana penyerahan RSLHS akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, bertepatan Hari Sumpah Pemuda, Oktober mendatang. Tapi untuk kepastiannya kami menunggu petunjuk dan perintah dari Ketua Umum (Ketum) OPSHID, Maulana Syekh, Moch Subchi Azal Tsani," imbuh pria biasa disapa Cak Mus

Organisasi Pemuda Shiddiqiyyah atau disebut OPSHID adalah organisasi kepemudaan dalam lingkungan lembaga pendidikan Thoriqoh Shiddiqiyyah yang berpusat di Pesantren Majmaa'l Bahrain, asuhan Syekh Mukhtarulloh Al-Mujtabaa (Mursyid), Desa Ploso, Kecamatan Losari, Kabupaten Jombang.