Erick Thohir Pilihan Tepat bagi Prabowo

Menteri BUMN Erick Thohir di acara Fatayat Nahdlatul Ulama/Net
Menteri BUMN Erick Thohir di acara Fatayat Nahdlatul Ulama/Net

Di antara banyak figur yang bermunculan, nama Menteri BUMN Erick Thohir bisa menjadi pilihan tepat bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, untuk dijadikan pendamping pada Pilpres 2024. 


Begitu pandangan pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura Surokim Abdussalam. Katanya, nama Erick bisa dipilih Prabowo, jika pertimbangan utama adalah ingin memenangkan suara di wilayah Jawa Timur yang menjadi basis utama Nahdlatul Ulama (NU).

"Jadi Prabowo kalau pertimbangannya wilayah Jawa Timur, ia harus memilih tokoh-tokoh nahdliyin yang punya kekuatan struktur seperti Erick Thohir," kata Surokim, Kamis (12/10).

Adapun Erick Thohir merupakan anggota kehormatan Banser, badan otonom di bawah naungan NU.

Dikatakan Surokim, selain menjadi anggota Banser, Erick juga memiliki kedekatan dengan organisasi perempuan NU, Fatayat.

Bagi Nahdliyin secara umum, lanjutnya, Erick juga memiliki kesan tersendiri, karena kesuksesannya menjadi Ketua Steering Committee (SC) Panitia 1 Abad NU.

Catatan itu, diyakini Surokim, bisa menjadi daya tarik bagi Prabowo untuk meminang Erick sebagai cawapres.

"Erick Thohir bisa jadi pertimbangan yang tepat untuk Prabowo, jika melihat pengalaman selama ini pemilih Jawa Timur kan selalu menjadi penentu," pungkasnya.